Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Tuesday, 5 April 2016

Berlomba Dalam Kedermawanan



Seorang laki-laki bertanya kepada hatim ath-tha'iy rahimahullah: “Wahai Hatim, apakah ada orang yang mengalahkanmu dalam hal kedermawanan?”

Hatim menjawab: “Iya ada, seorang anak yatim dari negri thayyi', aku pernah singgah di halaman rumahnya. Ia memiliki 10 ekor kambing, saat aku datang ia mendekati seekor kambingnya kemudian menyembelihnya, ia memasaknya dan menyuguhkannya kepadaku, di antara yang disuguhkannya adalah otak kambing, aku memakannya sambil mengatakan, ‘Demi Allah, ini sungguh baik dan lezat’.”

Ia pergi dari hadapanku, tanpa sepengetahuaku, ia menyembelih beberapa ekor lagi, kemudian ia memasaknya dan menyuguhkan otak kambing untukku.

Saat aku keluar rumah, aku menyaksikan sekitar rumahnya banyak darah dan ternyata ia telah menyembelih semua kambing kambingnya.

Aku katakan padanya, “Mengapa engkau melakukan ini?"

Ia menjawab, “Maha Suci Allah, sesuatu yang aku miliki engkau menyukainya apakah pantas aku kikir terhadapnya? itu tidak boleh aku lakukan karena itu aib bagiku.”

Ada yang bertanya kepada Hatim:, “Wahai hatim lalu apa yang engkau lakukan terhadap anak yatim yang pemurah itu?”

Hatim menjawab, “Aku beri dia 300 ekor unta besar dan 500 ekor kambing.”

“Jika demikian engkau lebih dermawan dari padanya.” Sahut seseorang.

Hatim menjawab, “Tidak!, ia lebih dermawan dariku karena ia memberikan padaku semua yang ia miliki, sedangkan aku hanya memberinya sebagian kecil dari yang banyak.”