close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Monday 13 May 2024

Amal Yang Tidak Ada Titik Akhir

Waktu terus berjalan tanpa berhenti sejenak pun. Hari demi hari akan terus berlalu. Dan kematian akan selalu setia menunggu kita. Kematian tidak mengenal tempat, ia hanya mengenal waktu untuk sampai kepada kita, tanpa memedulikan dimana dan sedang apa kita.

Tidak ada alat atau ilmu pengetahuan yang bisa mengubah semua itu. Pertanyaannya bukan kapan dan dimana kematian itu akan datang, tetapi kita siap atau tidak dengan kedatangannya?

Amal adalah satu-satunya bekal yang bisa kita bawa ke dalam akhirat. Tidak ada bekal lain yang bisa kita bawa ke dalamnya. Amal bagaikan sahabat yang selalu menemani kita dalam sana. Ia juga sekaligus akan menolong kita. Tetapi, apakah amal kita sudah cukup untuk menemani kita di akhirat?

Rasulullah ﷺ bersabda, “Jika anak Adam telah meninggal, maka amalnya akan terputus kecuali tiga perkara, sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang selalu mendoakan orangtuanya.” (HR.Muslim)

Amal tanpa titik akhir  yang pertama adalah sedekah jariah.

Ia adalah harta benda yang selalu digunakan oleh orang lain dari kita. Ketika kita memberikan suatu barang kepada orang lain, dan orang tersebut menggunakan ataupun memanfaatkan benda pemberian kita, maka kita akan mendapatkan pahala yang terus mengalir selama orang tersebut memanfaatkannya.

Amal tanpa titik akhir yang kedua adalah ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diamalkan orang lain dari ilmu yang kita sampaikan.

Ketika kita memberikan ilmu yang baik kepada orang lain, lalu orang tersebut mengamalkannya, maka kita akan mendapatkan pahala seperti pahala orang tersebut, tanpa mengurangi pahalanya sedikit pun.

Yang Ketiga anak saleh yang selalu mendoakan orangtuanya.

Kita sebagai anak yang saleh harus selalu mendoakan orang tua kita. Mau mereka masih hidup ataupun sudah meninggal. Kita harus tetap mendoakan mereka. Karena, doa anak yang saleh akan menjadi amal yang besar untuk orang tua kita. Amal yang akan menolong mereka kelak di akhirat nanti.

Dan marilah kita tingkatkan amalan-amalan kita, khususnya tiga amalan tadi, agar kita mendapatkan pahala yang akan menjadi bekal di akhirat nanti. Semoga kita termasuk umat Rasulullah yang akan masuk surga bersamanya