close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Tuesday 19 March 2024

Musibah Seorang Manusia


Setiap hari sebenarnya semua orang selalu mendapatkan musibah, namun seringkali dia tidak menyadarinya, apalagi mengambil pelajaran darinya:

Musibah Pertama: Umur yang terus berkurang

Ironisnya pada hari ketika umurnya berkurang, dia tidak sedih karenanya, tapi apabila uangnya berkurang, dia bersedih. Psdahal uang bisa dicari lagi, sedangkan umur tidak mungkin bisa diganti.

Musibah Kedua: Setiap hari dia memakan dari rezeki Allah

Bila rezeki itu haram, dia akan disiksa karenanya.. dan bila rezeki itu halal, dia tetap akan dihisab untuk mempertanggung jawabkannya, dan dia tidak tahu apakah dia akan selamat dalam hisab itu atau tidak.

 Musibah Ketiga: Setiap hari dia akan semakin mendekati akherat dan semakin menjauh dari dunia

 Rasulullah SAW Bersabda“Kedua kaki seorang hamba tidaklah beranjak pada hari kiamat hingga ia ditanya mengenai: (1) umurnya di manakah ia habiskan, (2) ilmunya di manakah ia amalkan, (3) hartanya bagaimana ia peroleh dan (4) di mana ia infakkan dan (5) mengenai tubuhnya di manakah usangnya.” (HR. Tirmidzi

 Meskipun begitu, dia tidak memperhatikan akheratnya yang kekal sebagaimana dia memperhatikan dunianya yang fana… Padahal dia tidak tahu, pada akhirnya nanti dia akan ke surga ataukah ke neraka.