close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Sunday 17 March 2024

Jasad Utuh Karena Rajin Berpuasa



Dikisahkan ada seorang sahabat Nabi bernama Abu Thalhah, yang satu ini sangat rajin melaksanakan ibadah puasa. Dari Anas bin Malik dikatakan Abu Thalhah selalu berpuasa sepeninggal Rasulullah SAW selama 40 tahun.

Abu Thalhah tidak berpuasa kecuali pada hari-hari yang diharamkan atau ketika sedang sakit. Selain rajin berpuasa, Abu Thalhah juga tidak pernah ketinggalan salat malam dan jihad di jalan Allah.

Abu Thalhah tidak pernah letih menegakkan ajaran Allah SWT, bahkan ketika beliau berusia lanjut dan renta. Meski anak-anaknya menasehati Abu Thalhah, ia tetap bertekad untuk jihad dan mengarungi lautan bersama pasukan muslim.

Anak dari Abu Thalhah berkata:

"Semoga Allah merahmatimu wahai ayah kami. Kau sekarang sudah tua sekali. Kau sudah berjuang bersama Rasulullah, Abu Bakar, Umar, kenapa kau sekarang tidak istirahat saja dan biarkan kami yang berjihad?"

Lantas, Abu Thalhah membalas melalui firman Allah SWT dalam surat At Taubah ayat 41, berikut artinya:

ٱنفِرُوا۟ خِفَافًا وَثِقَالًا وَجَٰهِدُوا۟ بِأَمْوَٰلِكُمْ وَأَنفُسِكُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: "Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun berat, dan berjihadlah kamu dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui,"

Sayangnya, Abu Thalhah meninggal dalam perjalanan tersebut. Saat itu, para pasukan muslim tidak menemukan pulau untuk menguburkan jenazahnya.

Selama tujuh hari kaum muslimin mencari pulau, jenazah Abu Thalhah tetap utuh dan tidak berubah. Jasadnya terlihat seperti orang yang tertidur.

Abu Thalhah wafat dalam keadaan menjalani ibadah puasa. Jihad yang hendak dilakukan olehnya kala itu berperang di lautan pada masa Khalifah Utsman bin Affan.

jenazah Abu Thalhah tetap utuh karena rajin berpuasa. Bahkan semasa hidupnya, ia terus menegakkan dan memuliakan agama Allah SWT.

Adapun, beberapa perang yang diikuti oleh Abu Thalhah ialah Perang Badar, Perang Uhud, dan Perang Hunain. Bahkan pada Perang Badar beliau memiliki andil yang cukup besar bagi kemenangan kaum muslimin.

Sementara di Perang Uhud, Abu Thalhah tergolong sebagai pahlawan yang tetap bertahan bersama Rasulullah SAW dan membelanya dari kepungan kaum musyrik. Lalu pada Perang Hunain, Abu Thalhah berhasil membunuh dua puluh orang kafir dan mendapat harta rampasan dari mereka.