close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Monday 19 February 2024

Merenungi Akibat Perbuatan

Sahabat,orang yang memikirkan secara saksama akibat setiap perbuatan sebelum melakukannya pasti akan menuai manfaatnya dan selamat dari madharatnya.sedang orang yang tidak mau merenungkan akibat setiap tindakan pasti akan kalah oleh hawa nafsunya.Keselamatan yang diharapkannya pun justru berubah menjadi kecelakaan,sementara kesenangan yang diinginkannya malah berubah menjadi kesengsaraan.

Di sepanjang usia kita pasti kita sudah pernah mendurhakai Allah atau menaati-Nya.Pertanyaannya,kemana kelezatan kemaksiatan yang pernah kita lakukan itu? rupanya semuanya telah pergi beserta seluruh perkara yang mengiringinya.Alangkah menyenangkannya andai dosa ikut berhenti bersamaan dengan berhentinya perbuatan.

Rasulullah SAW Bersabda:“Janganlah kamu sekalian memperbanyak bicara selain berzikir kepada Allah, sesunggunya memperbanyak perkataan tanpa zikir kepada Allah akan mengeraskan hati, dan sejauh-jauh manusia adalah yang hatinya keras”.(HR. Tirmidzi).

Untuk lebih menghayati marilah kita membayangkan saat-saat menjelang kematian dan pahitnya penyesalan atas keteledoran semasa hidup.

Renungkanlah akibat pasti kita akan selamat dan jangan turuti kemauan hawa nafsu,karena pasti akan menyesal.