close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Saturday 17 February 2024

Ketik Anak Punya Fobia

Mungkin para orang tua sering mendengar orang yang fobia.Fobia berbeda dengan ketakutan biasa.Yang membedakan fobia disertai dengan tanda-tanda  perubahan fisik jika bersentuhan dengan objek atau situasi yang ditakuti .

Fobia juga dapat menghinggapi anak-anak.misalnya,takut pada orang asing,karena anak-anak dengan tipe tertentu memang butuh waktu cukup lama untuk beradaptasi dengan hal di luar zona nyamannya.

Mengapa anak bisa memiliki fobia ? fobia pada anak dapat disebabkan karena ketidaktahuan dan imajinasi berlebihan,terutama pada anak usia sekolah.Pada fase ini anak akan menyerap informasi sebanyak-banyaknya termasuk informasi yang bersifat irasional yang tidak mampu dicernanya.

Berikut  ini tipe-tipe fobia yang sering terjadi pada anak-anak

Fobia sosial

Yaitu kecemasan terhadap situasi sosial tertentu,misalnya kecemasan berbicara di depan umum.Seseorang yang mengalami kecemasan berada dalam situasi sosial tertentu biasanya berpikir bahwa mereka akan dipermalukan secara publik

Fobia spesifik

Kecemasan berlebih pada objek tertentu.Misalnya ketakutan pada badut,serangga,balon atau ketinggian.

Fobia Komplek

Fobia yang berhubungan dengan banyak penyebab.Biasanya masalah utama pada fobia ini bukanlah fobianya tetapi fobia yang diderita hanya merupakan gejala dari masalah psikologis yang belum terselesaikan.Misalnya orang yang fobia berbicara di depan umum masalah utama sebenarnya adalah rendah diri atau pernah memiliki pengalaman buruk berbicara di depan umum.