close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Thursday 23 March 2023

Keagungan Puasa Ramadhan

 

Ibadah puasa tergolong ibadah yang tertua dalam sejarah umat manusia. Ibadah puasa diwajibkan oleh Allah SWT kepada umat muslim setiap hari di bulan  Ramadhan sebulan penuh lamanya untuk meraih ketakwaan.

Ada pun firman Allah SWT terkait puasa Ramadhan sebagai berikut : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Qs. Al-Baqarah : 183)

Selanjutnya disampaikan keagungan pada bulan romadhon ini adalah niat dan semangat kita untuk berpuasa dan bersegeralah mohon ampunan pada Allah SWT.

“Selain wajib, puasa Ramadhan juga memiliki berbagai keutamaan dan diantaranya : pertama puasa Ramadhan merupakan sebab penghapusan dosa. Keutamaan puasa Ramadhan dan dalilnya yaitu merupakan sebab penghapusan dosa. 

Rasulullah shalallahu alaihi wasalam bersabda : “Antara shalat lima waktu, Jumat ke Jumat, Ramadhan ke Ramadhan adalah penghapus dosa di antara itu semua, jika dosa besar dapat dihindari.” [HR. Muslim ]

 Kedua balasan pahala puasa tidak terhingga. Keutamaan puasa Ramadhan  dan dalilnya  selanjutnya yaitu mendapatkan balasan pahala tak terhingga. 

Ketiga Puasa adalah tameng dan pelindung. Keutamaan puasa Ramadhan  dan dalilnya berikutnya yakni puasa bisa menjadi tameng agar tidak melakukan dosa.