close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Tuesday 7 December 2021

Pentingnya Tadabbur Alam

 


Assalamu'alaikum wr wb...

Sahabat, inilah salah satu kegiatan tadabbur alam para santri. Tadabbur Alam merupakan sarana pembelajaran untuk lebih mengenal ke Maha Besaran Allah SWT yang telah menciptakan langit dan bumi serta segala isinya. 

Pada zaman sekarang, banyak sekali orang-orang yang senang melakukan traveling. Namun, banyak dari kita yang lupa. Saat traveling hanya digunakan untuk bersenang-senang saja. Tanpa mengenal, memahami, dan mempelajari ciptaan Allah SWT.

Seperti firman Allah dalam surah al-Ghasiyah ayat 17 sampai 21 yang artinya “Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana ia diciptakan? Dan langit bagaimana ia ditinggikan? Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? Dan bumi bagaimana ia dihamparkan? Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan”.

Dari penggalan surah al-Ghasiyah itu, kita dapat diartikan bahwa sebagai manusia, makhluk yang Allah SWT beri akal, bisa merenungi bagaimana ciptaan Allah tersebut terjadi. Saat kita pergi ke gunung, renungilah, bagaimana bisa pohon-pohon tumbuh lebat. Bagaimana hewan-hewan di dalam hutan mencari makan tanpa khawatir. Bagaimana air di hulu sungai bisa sampai ke hilir laut.

Jangan sampai, traveling kita menjadi sia-sia hanya untuk bersenang-senang. Tentu seorang muslim boleh memiliki hobi traveling, tanpa lupa mensyukuri ciptaan Allah SWT.