close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Thursday 11 February 2021

Hidayah Itu Kehendak Allah

Hidayah Allah adalah hak mutlak Allah. namun, kita disyariatkan untuk berusaha mendapatkannya. Kehendak Allah itu melebihi segalanya. bahkan Rasululah shallallahu alaihi wasallam, pun tak bisa memberi hidayah kepada pamannya, Abu Tholib. Saat ajal tiba, ia tak kunjung bersyahadat. Padahal, dialah yang selalu melindungi beliau dari kekejaman kafir Quraish pada awal penyebaran agama Islam.

Kehendak Allah yang mutlak ini, juga disertai sifat Maha Adil Allah. karena itulah, orang orang yang dikehendaki-Nya, untuk mendapat hidayah, adalah mereka yang membuka hatinya kepada hidayah, dan mereka yang bersungguh sungguh menempuh jalan menuju hidayah.

Allah SWT Berfirman:“dan orang orang yang mau menerima petunjuk, Allah menambah petunjuk kepada mereka, dan memberikan balasan ketaqwaannya.”(QS.Muhammad:17)

Artinya, hidayah Allah juga tergantung pada proses ikhtiar yang dilakukan manusia. Nah, seberapa jauh kita sudah berusaha mendapatkan hidayah Allah, antara lain dengan melakukan berbagai ibadah dan amal sholeh. 

Ada orang yang dimudahkan untuk melakukan sholat tahajud setiap malam. Ada juga orang yang sulit untuk bangun malam, tetapi dia begitu mudah untuk menjalankan ibadah puasa sunnah. Namun, ada orang yang gemar bersedekah, tak sulit baginya untuk mengeluarkan harta miliknya, sedangkan ia kesulitan untuk tahajud dan puasa sunnah.

Rasulullah SAW Bersabda:“Wahai hamba-hamba-Ku, kalian semua tersesat kecuali orang yang Aku beri petunjuk, maka mintalah petunjuk kepada-Ku niscaya Aku akan berikan petunjuk kepada kalian.” (HR. Muslim)

Mari kita lihat diri kita, amal apa yang Allah mudahkan untuk kita. Karena, bisa jadi itulah tiket yang akan membawa ke surganya. 

Seorang istri yang tak terlihat melakukan ibadah sunnah, tetapi ia begitu taat terhadap suaminya, dan ingin selalu menyenangkan hatinya. Bisa jadi inilah amal unggulannya di hadapan Allah. Atau, seorang suami yang banting tulang berikhtiar untuk menafkahi keluarganya, menjadi jalan baginya untuk memasuki surganya Allah. 

Jangan anggap remeh orang lain yang terlihat tidak memiliki banyak kesalehan, bisa jadi ada amal lain unggulannya yang hanya Allah yang tahu, sedangkan orang lain tak mengetahuinya.

Wallohu 'alam.