close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Friday 20 November 2020

Lunasnya Hutang Dengan Doa



Kisah ini diriwayatkan dari Imam Abu Daud dari Said Al Khudri. Pada dahulu kala, Rasulullah menjumpai seorang laki-laki dari Sahabat Anshar yang kala itu sedang duduk di masjid, di saat orang lain sibuk bekerja. Sahabat Anshar ini biasa di panggil dengan sebutan Abu Umamah. Raut mukanya terlihat sedih dan murung, nampak sekali dia sedang mempunyai masalah. Melihat hal itu lantas Rasulullah bertanya,

“Hai Abu Umamah, kenapa kamu duduk-duduk di masjid di selain waktu shalat?”

“Saya sedang gundah dan terlilit hutang ya Rasulullah.”

“Maukah engkau ku ajarkan sebuah doa? Yang ketika kamu membacanya, maka Allah akan menghilangkan gundahmu dan membayarkan hutang-hutangmu?”

Mendengar ucapan Rasulullah, Abu umamah lantas gembira dan langsung menjawab,

“Tentu ya Rasulullah.”

Lalu Rasulullah melanjutkan,

“Bacalah doa ini di waktu pagi dan sore hari. ‘Allahumma inni a’udzu bika minal hammi wal hazani wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasali wa a’udzu bika minal bukhli wal jubni wa a’udzu bika min ghalabatib daini waqahrir rijal’.”

Yang artinya, ‘Ya Allah saya mohon perlindungan kepadaMu dari kegundahan dan kesedihan. Saya juga mohon perlindungan dari sifat lemah dan malas bakhil dan pengecut. Saya minta perlindungan kepadaMu dari hutang yang bertumpuk-tumpuk dan dari orang yang suka menghardik.

Abu Umamah kemudian mengamalkan doa ini pada pagi dan sore hari. Akhirnya ia bisa melunasi hutang-hutangnya dan tidak bersedih lagi. Dengan gembira ia berkata,

“Saya mengamalkan doa tersebut, kemudian Allah menghilangkan kesedihanku dan membayarkan hutang-hutangku.”