close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Friday 17 July 2020

Anak Adalah Amanah


Anak adalah anugerah yang terindah sekaligus amanah yang diberikan Allah kepada kita, maka didiklah ia menjadi shaleh dan bukan menjadi salah. Karena banyak para orang tua yang saking sayangnya terhadap sang anak sampai-sampai lupa caranya memeliharanya dengan kasih sayang Allah.

Bagaimana kasih sayang Allah? Yaitu selalu menyayanginya dengan ilmu-ilmu Allah, ia mengajarkan pengetahuan tentang agama dan mendidiknya selalu menjadi insan yang berakhlaqul karimah. Dan saat anak mulai lalai, ia memperinagtinya dengan tanpa bosan dan tanpa emosi.

Orang tua yang baik juga tidak akan mengajarkan anaknya kebaikan dengan hanya menyuruh melalui perkataan semata, tapi ia akan menyuruh dengan perbuatan yang biasa ia lakukan setiap saat ketika berada didekatnya, karena anak pada dasarnya cenderung meniru apa-apa yang menjadi kebiasaan orang tuanya.

Tantangan kita sebagai orang tua dalam mendidik anak di saat ini semakin berat.  Filter pertama bagi anak adalah rumahnya, orang tuanya. Maka dari itu, orang tua harus mempu membekali anak agar bisa bertahan dari hal-hal buruk yang bisa jadi anak akan berinteraksi dengannya. Untuk mencetak generasi yang sholeh maka orang tuanya harus baik dan sholeh terlebih dahulu. Jangan serahkan pahala dalam mendidik anak terutama pengajaran agama dan Al Quran kepada orang lain. Jika kita mengajarkan Al Quran kepada anak kita, maka setiap kata, bahkan setiap huruf, yang mampu diucapkan oleh anak-anak kita akan menjadi pahala yang terus mengalir untuk kita. Rasulullah menyebutkan 3 amalan yang tidak akan putus yakni amal jariyah, doa anak sholih, dan ilmu yang bermanfaat. Setiap kita adalah pemimpin, dan kita kelak akan ditanya tentang apa yang kita pimpin. Maka jagalah anak kita sebagai amanah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.