close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Sunday 19 May 2019

Menyikapi Harta Dunia


Harta  adalah salah satu perkara di dunia yang kita sering tertipu olehnya. Ketika melihat orang lain dengan kelimpahan harta, hati kita menimbun rasa dengki sehingga melupakan semua nikmat yang sudah Allah Subhanallahu Wata’ala berikan.

Padahal, sikap seorang muslim dalam perkara harta dan dunia, hendaklah dia selalu melihat orang yang berada di bawahnya. Betapa masih banyak orang yang hidup serba kekurangan. Bahkan untuk makan pun mereka kesulitan.

Seharusnya seorang muslim memperhatikan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hal ini.
Suatu saat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menyampaikan nasehat kepada Abu Dzar. Abu Dzar berkata:“Kekasihku yakni Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintah tujuh perkara padaku, (di antaranya): Beliau memerintahkanku agar mencintai orang miskin dan dekat dengan mereka, beliau memerintahkanku agar melihat orang yang berada di bawahku (dalam masalah harta dan dunia), juga supaya aku tidak memperhatikan orang yang berada di atasku” (HR. Ahmad)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Jika salah seorang di antara kalian melihat orang yang memiliki kelebihan harta dan bentuk (rupa) [al kholq], maka lihatlah kepada orang yang berada di bawahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengan mengingat hal ini, akan membuat hati kita lebih tenang. Selain itu, ini juga akan membuat kita sadar bahwa masih banyak nikmat dariNya yang belum kita syukuri