Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Friday, 1 March 2019

Bersahabat Dengan Anak


Anak adalah anugerah terindah yang diberikan Allah kepada setiap orang tua, buah hati sekaligus harapan bagi setiap orang tua. Akan tetapi, karena besarnya harapan, orang tua sering kali tidak memperlakukan anak secara wajar.

Ada orang tua yang begitu obsesif sehingga membuat anak depresif. Ada juga yang berkeluh kesah karena anak-anak mereka tak kunjung berprestasi, padahal fasilitas anak sudah dipenuhi.

Setiap anak itu terlahir istimewa, selalu ada alasan Allah ta’aala menitipkan anak-anak dalam keluarga. Membuat anak agar bisa menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, menjadi anak yang berprestasi. Lantas, apa yang harus dilakukan orang tua untuk menghadapi anak-anak mereka?

Kepada setiap orang tua, apa yang harus dilakukan agar mampu melejitkan potensi anak sehingga mereka bisa berprestasi? Yakni orang tua haruslah bersahabat dengan anak. Karena tidak ada anak yang bermasalah melainkan datang dari orangtua yang bermasalah.

Untuk bersahabat dengan anak, kita sebagai orang tua harus mendekatinya, memberikan motivasi dan melejitkan potensi diri mereka, memberi kasih sayang yang tulus, dan orang tua harus menjadi contoh yang baik buat anak-anaknya.

Yang terpenting adalah didiklah anak-anak dengan benar, mendidiknya dengan cinta, kesabaran, tulus, berikan rasa aman dalam diri anak. Menanamkan aqidah yang kuat. Mendidiknya dengan Islam, mendidik dengan penuh kasih sayang, dengan begitu orangtua bisa bersahabat dengan anak.