Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Friday, 12 October 2018

Sedekah Melapangkan Hati


Pernahkah merasakan hati yang begitu lapang dan bahagia saat setelah memberi sebagian harta yang kita miliki? Itulah berkah dari sedekah. Melakukan kebaikan termasuk dalam perkara-perkara yang dapat mendatangkan kebahagian dan menghilangkan keresahan. Kebaikan yang dimaksudkan adalah seumpama sedekah, beramal soleh dan memberikan sesuatu yang baik kepada orang lain.

Rasulullah SAW bersabda:“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa” (HR. Bukhari no. 1443)

Ini merupakan salah satu permisalan yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW terkait orang yang bakhil dan yang gemar bersedekah. Nabi Muhammad SAW mempermisalkan keduanya seperti dua orang yang hendak memakai baju besi guna melindungi diri dari serangan senjata musuh. Keduanya berusaha memakai baju besi tersebut dengan cara memasukkannya dari atas kepalanya dan menurunkannya ke sekujur tubuhnya.

Orang yang gemar bersedekah akan dengan mudah memakai baju besi tersebut sehingga mampu menutupi sekujur tubuhnya. Sedangkan, orang yang bakhil akan merasa kesusahan memakai baju besi tersebut. Seolah-olah tangannya terikat di lehernya. Setiap kali hendak memasukkan baju besi tersebut ke tubuhnya, maka baju besi tersebut tetap saja hanya sampai di lehernya, sedangkan bagian tubuh yang lain masih terbuka.

Semoga kita termasuk hamba Allah yang ahli sedekahyang selalu menyisihkan sebagian hartanya dijalan Allah.