close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Friday 19 January 2018

Sedekah Yang Paling Besar Pahalanya


Sahabat, sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan. Bukan hanya dianjurkan untuk orang kaya saja, tetapi sedekah dianjurkan dan memang pada dasarnya dapat dilakukan oleh siapa saja.

Kita juga bisa sedekah kepada orang yang menjadi tanggungan kita. Jadi misalkan kita kepala keluarga dan ingin bersedekah kepada orangtua, anak, istri, dan semua orang yang menjadi tanggungannya, maka hal itu juga diperbolehkan bahkan termasuk sedekah yang paling baik.  Sebagaimana hadits berikut:

Abu Hurairah radliallahu 'anhu dari Nabi Shallallahu'alaihiwasallam berkata,: "Shadaqah yang paling baik adalah dari orang yang sudah cukup (untuk kebutuhan dirinya). Maka mulailah untuk orang-orang yang menjadi tanggunganmu". (HR Bukhari No 1337)

Selain itu, ada juga  sedekah yang paling banyak atau besar pahalanya seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut:

Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata,: "Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu'alaihiwasallam dan berkata,: "Wahai Rasulullah, shadaqah apakah yang paling besar pahalanya?". Beliau menjawab: "Kamu bershadaqah ketika kamu dalam keadaan sehat dan kikir, takut menjadi faqir dan berangan-angan jadi orang kaya. Maka janganlah kamu menunda-nundanya hingga tiba ketika nyawamu berada di tenggorakanmu. Lalu kamu berkata, si fulan begini (punya ini) dan si fulan begini. Padahal harta itu milik si fulan". (HR Bukhari No 1330)

Karena itu kita harus berjuang melawan hawa nafsu,hawa nafsu nahan-nahan harta. Apa lagi orang yang kikir biasanya taku miskin. Di dalam benaknya tertanam pikiran bahwa semakin banyak sedekah maka hartanya akan berkurang. Padahal jika kita percaya dengan matematika Allah yang luar biasa, maka seharusnya kita sadar, bahwa semakin banyak memberi maka Allah akan melimpahkan dan melipatgandakan rezekinya dengan jalan yang tidak disangka-sangka. Sebab demikianlah janji Allah. Dan Allah tidak pernah meningkari janji.

Allah SWT berfirman:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia."
(QS. Al-Hadid :18)

Wallahua'lam bishowab.