close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Saturday 25 November 2017

Baik Dari Hati











Alkisah

Diwaktu mudanya Imam Junaid Baghdadi memiliki badan yang kekar dan menunjang hidupnya dengan mata pencaharian sebagai pegulat profesional.

Dan Seperti biasa, Setiap tahun diadakan kontes gulat oleh Penguasa Baghdad yang mengumumkan disatu hari: "Hari ini, Junaid Baghdadi (juara bertahan) akan menunjukkan keahliannya sebagai pegulat, apakah ada orang yang berani menantangnya?".

Seorang pria tua, berdiri dengan leher gemetar dan berkata:, "Aku akan ikut masuk kontes ini dan menantang dia."

Siapa pun yang menyaksikan adegan ini tidak bisa menahan diri, mereka meledak tertawa, dan bertepuk tangan.

Raja terikat oleh hukum. Dia tidak bisa menghentikan seseorang yang dari kehendak bebasnya sendiri ingin memasuki pertarungan.

Orang tua itu diberi izin untuk memasuki ring. Ia berusia sekitar enam puluh lima tahun. Ketika sang juara bertahan, Junaid Baghdadi memasuki ring, ia tercengang seperti Raja dan semua penonton yang hadir. 

Semua memiliki pikiran yang sama: "Bagaimana mungkin orang tua ini akan mampu melawan dan menang?"

Orang tua itu berjabat tangan dengan Imam Junaid dan dengan suara lirih berkata: "Pinjamkan aku telinga Anda". (Dengarkan kata kataku) 

Ia kemudian berbisik: "Aku tahu adalah tidak mungkin bagi ku untuk memenangkan pertarungan ini, aku adalah seorang Sayyid, keturunan Nabi Muhammad ?, Anak-anakku sedang kelaparan di rumah. Apakah Anda siap untuk mengorbankan nama Anda, kehormatan dan posisi anda untuk cinta pada Nabi Allah dan kehilangan pertarungan ini kepada ku?

Jika Anda melakukan hal ini aku akan dapat mengumpulkan uang hadiahnya dan dengan demikian memiliki sarana untuk memberi makan anak-anak ku dan aku sendiri selama satu tahun penuh. 

Aku akan dapat menyelesaikan pembayaran semua hutang ku dan di atas semuanya, Sayyid / Tuan dari kedua dunia dan akhirat ? akan senang / ridha dengan Anda. 

Apakah Anda, Wahai Junaid, tidak bersedia mengorbankan kehormatan Anda demi anak-anak Rasulullah ? ?

Junaid Baghdadi berpikir sejenak dan berkata: "Hari ini, aku memiliki kesempatan yang sangat baik." 

Dengan tampilan yang bersemangat Junaid Baghdadi menunjukkan beberapa manuver, menunjukkan kemahiran bergulatnya sehingga Raja tidak menduga ada konspirasi apapun.

Junaid dengan kemahiran yang luar biasa, tak mempergunakan kekuatan penuhnya mampu membuat dirinya sendiri terjatuh,ditindihi orang tua itu dan dengan rendah hati, junaid memproklamirkan kekalahannya, sehingga memberikan hak kepada orang tua itu menang dan meraih hadiahnya.

Malam itu, Junaid Baghdadi bermimpi bertemu Nabi Muhammad ? yang mengatakan, "Duhai Junaid, Anda telah mengorbankan kehormatan Anda, ketenaran anda yang telah diakui di seantero negeri, nama dan posisi yang digembar-gemborkan di seluruh penjuru Baghdad bertukar demi ekspresi cinta Anda untuk anak-anak ku yang kelaparan.

Pada hari ini dan abadi untuk seterusnya, nama Anda akan tercatat dalam daftar Auliya (teman dari Allah)".Setelah itu, pegulat besar ini berhasil belajar untuk mengalahkan nafsu-nya (keinginan) dan menjadi salah satu Waliyullah paling terkemuka pada masanya!"..

Sumber: Dari kitab "Tajalliat-e-Jazb-manifestation of Allah's attraction " oleh Syaikh Muhammad Hakim Akhtar saheb

Renungan

JANGAN TERLALU CEPAT MENILAI DAN MENGHUKUM SESEORANG

Jangan menilai orang dari rupanya, karena Rasulullah ? melihat si pendek tak menawan Julaybib radhiyallahu ‘anhu dikejar-kejar oleh para bidadari surga.

Berilah kesempatan seseorang untuk berubah, karena seseorang yang hampir membunuh Rasul sekalipun kini terbaring disebelah makam beliau, dialah Umar bin Khattab ra.

Jangan melihat seseorang dari masa lalunya, karena seseorang yang pernah berperang melawan agama Allahpun akhirnya menjadi pedang-Nya Allah, yaitu Khalid bin Walid.

Janganlah memandang orang dari status dan harta kekayaannya, karena sepatu emas fir'aun berada di neraka, sedangkan sandal jepit Bilal bin Rabah terdengar suaranya didalam surga.

Semoga kita tidak terjebak dengan kondisi seseorang dari penampilannya di dunia ini.

Semoga kita menjadi diri yang terbaik dan bermanfaat untuk sekitar dengan mengejar keridhaan Allah.

Dan hanya kepada Allah lah kita bertaqwa dan bertawakal.

Jadilah kamu orang yang baik dari dalam (hati), maka kamu dan orang lain akan melihat semuanya baik dari luar.