Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Friday, 10 November 2017

Bahagiakanlah Orang Tua Kita


Bagaimanakah cara membahagiakan orang tua menurut islam? Pertanyaan ini seringkali terlontar dari seseorang yang begitu ingin bisa membahagiakan kedua orang tuanya. Terlepas dari bentuk kewajiban yang seharusnya dilakukan oleh seorang anak, membahagiakan mereka adalah sebuah kebahagiaan yang terbesar bagi kita selaku seorang anak.

Jangan merasa bahwa setelah menikah, kita akan kesulitan untuk bisa berbakti kepada orang tua. Ketahuilah bahwa Allah telah mensejajarkan keridhoan orang tua dengan keridhoanNya dan kemurkaan orang tua dengan kemurkaanNya. Sehingga sangat tidak layak orang yang mengharapkan keridhoan Allah tapi durhaka dan membuat kedua orang tuanya murka.

Allah telah menjelaskan tentang keutamaan berbaktinya seorang anak kepada orang tua dalam surat Lukman ayat 14:

“Dan Kami perintahkan kepada manusia, kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepadaKu lah kembalimu”.

Berbuat baik kepada orang tua juga telah Allah terangkan dalam berbagai ayat yang lainnya.
Dan sembahlah Allah dan jangalah menyekutukan sesuatu apa pun bersamaNya serta berbuat baiklah kepada kedua orang tua. (QS An Nisa 36)

Dan ingatlah ketika kami mengambil perjanjian dari Bani Israil: Janganlah kalian menyembah kecuali hanya kepada Allah dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua. (QS Al Baqarah 83)