Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Sunday, 28 May 2017

Waktu Utama Untuk Bersedekah


Bersedekah adalah salah satu amalan yang Rasulullah ajarkan kepada kita. Meskipun sedekah bisa dilakukan kapan saja, ternyata ada waktu-waktu terbaik untuk bersedekah.

1. Waktu susah

Saat kita tengah merasa dalam kesulitan atau kepayahan merupakan salah satu waktu terbaik untuk bersedekah. Ya justru itu perjuangannya. Saat kita sedang merasa berat, Allah akan ringankan dengan membantu orang lain.

Allah SWT berfirman, 
“Tetapi dia tiada menempuh jalan yang mendaki lagi sukar. Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? (yaitu) melepaskan budak dari perbudakan, atau memberi makan pada hari kelaparan.” (QS. Al-Balad: 11-14).

2. Saat terjadinya peristiwa yang menakutkan seperti gerhana atau peperangan

Salah satu waktu terbaik buat sedekah itu pas gerhana, Sesuai dengan hadits berikut.

Dari 'Aisyah Radhiyallahu 'anha, Nabi shalallahu 'alaihi wasallam bersabda,

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda diantara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian atau lahirnya seseorang. Jika melihat gerhana tersebut, maka berdo'alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakan shalat dan bersedekahlah." (HR Bukhari, Muslim)

3. Sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.“ (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

4. Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memang memiliki begitu banyak kemuliaan. Dan memperbanyak bersedekah di bulan Ramadhan tentunya memiliki keistimewaan tersendiri.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling gemar melakukan kebaikan. Kedermawanan (kebaikan) yang beliau lakukan lebih lagi di bulan Ramadhan yaitu ketika Jibril ‘alaihis salam menemui beliau. Jibril ‘alaihis salam datang menemui beliau pada setiap malam di bulan Ramadhan (untuk membacakan Al Qur’an) hingga Al Qur’an selesai dibacakan untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Apabila Jibril ‘alaihi salam datang menemuinya, tatkala itu beliau adalah orang yang lebih cepat dalam kebaikan dari angin yang berhembus.” (HR. Bukhari, Muslim)

5. Hari Jum'at

Banyak amalan yang dianjurkan di hari Jum'at. Salah satunya bersedekah.

“Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari Jum’at. Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika Adam dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR. Muslim)

Itulah lima waktu utama untuk bersedekah. Semoga dapat memotivasi kita semua untuk rajin bersedekah.