Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Saturday, 22 April 2017

Memberi Kasih Sayang Terhadap Anak




Memiliki anak adalah anugerah besar yang diberikan Allah kepada orangtua. Banyak suami istri yang belum memiliki anak berjuang sekuat tenaga agar memiliki keturunan.

Anak adalah amanah. Oleh karena itu, orangtua wajib menyayangi anak-anak mereka. Rasulullah saw, adalah potret orangtua yang mencintai anak-anaknya. Beliau biasa memeluk, mencium, dan mendoakan anak-anak serta cucu-cucu beliau.

Hasan dan Husein, cucu beliau pernah menaiki punggung beliau saat sedang shalat. Beliau membiarkan mereka dengan tidak bangkit dari sujud. Setelah mereka puas dan turun, barulah beliau bangkit dari sujud.

Usamah bin Zaid ra, mengatakan "Dahulu Rasulullah saw pernah mengambilku dan mendudukkanku di sebelah paha beliau dan mendudukkan Hasan bin Ali di sebelah paha yang lain. Beliau memeluk kami berdua, lalu berdoa, 'Ya Allah, kasihanilah keduanya karena sesungguhnya aku mengasihani keduanya."

Abu Hurairah bercerita, suatu hari Rasulullah saw keluar menuju ke pasar Bani Qainuqa. Beliau berjalan mengelilingi pasar seraya berpegangan pada tanganku, kemudian duduk-duduk di masjid dan bertanya, "Mana si kecil yang lucu itu? Panggilkanlah dia untuk datang kepadaku!" Hasan pun datang dengan berlari, lalu langsung melompat ke pangkuan beliau. Rasulullah saw, mencium mulut Hasan kemudian berdoa, "Ya Allah sesungguhnya aku mencintainya, maka cintailah dia dan cintailah pula orang yang mencintainya." Beliau mengucapkan doa ini sebanyak tiga kali." (HR. Bukhari dan Muslim)

Banyak riwayat yang menggambarkan betapa Rasulullah saw, amat menyayangi anak-anak, membelai rambut mereka, serta mencium dan mendoakan mereka. Beliau tidak pernah membentak, apalagi memukul mereka. Anak-anak merasakan kasih sayang luar biasa dari beliau.

Menyanyangi anak bukan berarti bersikap permisif atau memanjakan, melainkan memberikan didikan yang baik terhadap akhlak serta potensi kecerdasannya, terutama mengenalkan kewajibannya sebagai seorang muslim.

Apa keutamaan orangtua yang menyayangi anaknya dengan tulus. Diriwayatkan dari Abu Umamah ra, bahwa Rasulullah saw, melihat seorang perempuan yang membawa anak-anaknya. Anak yang satu di gendong dan anak yang lain berjalan di belakangnya. Rasulullah saw bersabda, "Ibu-ibu yang mengandung, melahirkan, dan menyayangi anak-anak mereka, jika tidak mendurhakai suami dan selalu mendirikan shalat, niscaya akan masuk surga." (HR. Hakim)