Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Monday, 20 March 2017

Waspada!Ujub Penghancur Segala Amal Kebaikan


Larangan sombong di Muka Bumi, Seseorang yang kagum dengan diri sendiri (ujub) menandakan lemah akalnya. Ketika seseorang kagum pada diri sendiri, gila hormat dan cinta popularitas maka semua itu akan membinasakan dirinya sendiri. Imam Ibnu Abdul Barr Rahimahullah pernah berkata dalam kitabnya Jami’ul Bayanil ‘Ilmi wa Fadhlihi;

العجب يهدم المحاسن كلها
“Ujub itu menghancurkan segala kebaikan.”

Bahkan dikatakan ada beberapa diantara para pengumpul dan perawi hadits yang rusak dan hilang hafalan hadits-haditsnya karena ada sifat ujub di dalam diri mereka dan hal ini tentu saja merupakan musibah besar bagi diri dan agama seseorang.

Sebagaimana disebutkan dalam biografi seorang perawi hadits Ahmad bin Kamil Al-Baghdadi. Imam Daruquthni mengatakan bahwa ia adalah seorang yang memiliki banyak catatan dan hafalan hadits bahkan ia lebih fasih menyampaikan hadits secara hafalan daripada melihat catatan. Namun semua itu sirna dan rusak karena sifat ujubnya.

Tentang Ahmad bin Kamil Al-Baghdadi ini, Imam Ad-Dzahabi menceritakan di dalam kitab beliau Siyar A’lamin Nubala; “Ia adalah seorang yang memiliki keluasan ilmu, namun ilmu yang ia miliki sirna dengan sifat ujubnya”

Semoga kita dihindarkan dari sifat ujub dan berbangga pada diri sendiri karena hal itu akan melenyapkan semua amal kebaikan kita.