Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Friday, 25 November 2016

Orang Muslim, Empat Harta Ini Harus Dimiliki


Siapa yang tak cinta harta? Tentu banyak di antara kita yang begitu mencintai harta. Sebab, harta dianggap mampu memenuhi segalanya. Segala kesenangan dunia bisa didapat dengan harta. Ya, inilah harta yang kita kenal sebagai materi.

Sebagai seorang muslim, harta bersifat materi itu bukanlah yang sejati. Mereka harus memiliki harta lain, yang memang lebih berharga. Rasulullah SAW menganjurkan kepada kita untuk memiliki empat harta. Apa sajakah itu?

Harta pertama yang harus dimiliki oleh seorang muslim adalah lisan yang selalu berdzikir. Dengan senantiasa berdzikir, hati menjadi tentram dan bahagia. Selain itu, lisan yang selalu berdzikir dapat membuat kita merasakan arti sebuah waktu yang tidak akan pernah bisa dibeli dengan uang.

Waktu yang terus berjalan dan umur yang selalu berkurang sudah seharusnya kita pergunakan untuk beribadah sebagai bekal bagi kehidupan di akhirat kelak. Oleh sebab itu, biasakanlah lisan untuk selalu berdzikir mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bukankah banyak keutamaan yang diperoleh bila hati dan lisan senantiasa berdzikir?

Harta kedua yang harus dimiliki oleh seorang muslim adalah hati yang selalu bersyukur. Harta yang berlimpah tidak bisa menjamin sebuah kebahagiaan, karena sesungguhnya yang merasakan bahagia adalah hati.

Sehingga apabila hati selalu bersyukur, maka hal sederhana pun akan terasa indah dan membuat bahagia. Sementara harta yang melimpah tanpa adanya rasa syukur hanyalah tampilan semata yang membuat hati tidak bahagia. Oleh sebab itu, hati yang senantiasa bersyukur adalah harta seorang muslim yang tidak bisa dinilai dengan uang sebanyak apapun.

Harta ketiga yang harus dimiliki oleh seorang muslim adalah tubuh yang selalu sabar. Sabar merupakan sifat yang tidak ternilai harganya. Oleh sebab itu, betapa beruntungnya orang yang memiliki sifat sabar. Sehingga, ketika perut sedang lapar maka ia tidak akan marah-marah, tidak mudah digoda oleh syahwat birahi dan tidak langsung naik pitam saat ada yang melukai dirinya. Di samping itu, latihan yang paling ampuh untuk membentuk karakter penyabar adalah dengan menjalankan puasa sunnah.

Harta terakhir yang bisa dimiliki oleh seorang muslim adalah istri yang shalehah. Memiliki istri yang shalehah merupakan kebahagiaan bagi seorang lelaki. Sebab, istri yang shalehah adalah sebaik-baiknya perhiasan dunia. Selain itu, istri yang shalehah juga dapat menjadikan rumah tangga menjadi sejuk dan sakinah.