Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Saturday, 12 November 2016

Dosa-dosa yang Mecegah Datangnya Rezeki


“Bersemangatlah dalam hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah dan jangalah kamu malas! Apabila kamu tertimpa sesuatu, janganlah kamu mengatakan: ’Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini atau begitu’, tetapi katakanlah: ‘Qoddarullahu wa maa sya’a fa’ala” (HR. Muslim 2664)

Setiap kita pasti berharap diluaskan rezekinya, rezeki di sini bukan hanya sesuatu yang berbentuk uang atau harta, tapi bisa juga berupa hal-hal lainnya.

Misalnya rezeki yang berupa keturunan atau buah hati yang baik, kemudahan dari segala urusan, tetangga yang mengajak beramal shaleh, pasangan hidup yang menyayangi kita, terhindar dari kecelakaan dan penyakit berbahaya, hal tersebut dapat disebut sebagai rezeki.

Nah, ternyata ada beberapa dosa yang dapat mencegah datangnya rezeki atau justru mempersempit rezeki kita sendiri. Apa sajakah dosa yang dimaksud?

1. Menyekutukan Allah
Mungkin kita bingung melihat orang-orang yang melakukan pesugihan atau mendatangi dukun dan jelas-jelas berbuat syirik kok bisa tetap mendapat rezeki bahkan terlihat sangat melimpah?

Jangan keliru, harta atau jabatan yang diperoleh bisa jadi bukanlah rezeki melainkan musibah buat orang-orang yang menyekutukan Allah.

Misalnya ia memiliki uang yang sangat banyak, namun karena banyaknya uang tersebut, ia malah sering bertengkar dengan istri, berpisah dengan anak-anak, bahkan ada pula yang di akhir hayatnya justru mendapatkan penyakit yang amat parah dan menyakitkan.

Apakah uang yang dimilikinya membawa nikmat? Ternyata tidak, justru membawa banyak sengsara dan malapetaka.

2. Meninggalkan Shalat

Demikian juga dengan meninggalkan shalat. Orang-orang sombong yag merasa sudah tidak perlu lagi menyembah Allah, merasa bisa hidup dengan hasil usaha sendiri, maka lihatlah bahwa rezekinya akan menyempit.

Sebanyak apapun uang dan harta benda yang dikumpulkan terkadang masih tak dapat membawakan kepuasan dan kebahagiaan dalam hatinya.

3. Durhaka kepada kedua orang tua

Berbuat durhaka pada kedua orangtua terutama ibu, biasanya akan menyempitkan rezeki kita. Entah itu berupa kesulitan melahirkan untuk yang sedang hamil, kesulitan mendapat pekerjaan, gaji sebanyak apapun habis begitu saja tiap bulannya, dan kesempitan-kesempitan lainnya.

Selain 3 dosa besar tersebut, ada beberapa dosa lainnya yang juga berpengaruh pada kesempitan rezeki:
1. Melakukan Zina

2. Memakan makanan haram
3. Memutuskan silaturahmi dengan keluarga
4. Kikir
5. Menggunjing atau ngerumpi (Ghibah) 

Demikianlah beberapa dosa yang perlu kita jauhi karena dapat mempersempit rezeki diri sendiri. Semoga kita mampu menjauhi hal-hal tersebut.