close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Wednesday 17 August 2016

Keutamaan Istiqomah


Orang-orang yang beriman yang senantiasa beramal shalih kemudian ia istiqomah in syaa Allah ia akan berhasil dengan kemenangan yang besar. (QS. Al-Ahzab [33] ayat : 71), faqod faaza fauzan ‘azhiima.

“…Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar. “ (QS. Al-Ahzab [33] : 71)

Beramalah shalihlah dan kemudian istiqomahlah. Sebagai contoh : Ketika seseorang biasa istiqomah untuk i’tikaf dan dia memulainya sejak 2013 maka istiqomahlah hingga sekarang. Contoh lain ialah bila seseorang biasa melakukan amal shalih seperti shalat malam maka berusahalah untuk istiqomah.

Sejatinya dengan istiqomah seseorang akan merasakan bahagia. Setinggi apapun cita-cita atau rintangan jika istiqomah in syaa Allah akan tercapai. Sebagai contoh menghafal Al-Qur’an dari usaha sedikit-sedikit terus akan sampai tujuan juga. Istiqomah itu nikmatnya tidak di depan namun nikmatnya diujung. Orang yang tamat itu akan merasakan bahagia dan berbeda dengan orang yang tidak tamat didalam menyelesaikan proses istiqomah.

Keutamaan Istiqomah sebagai berikut:

1. Rizki barokah dan tercukupi
“Dan bahwasanya jikalau mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama Islam), benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezeki yang banyak).
 “ (QS. Al-Jin [72] : 16)

2. Di akhirat, diberi kemudahan dalam sakaratul maut.
“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. “ (QS. Fushshilat [41] : 30)
Ayat ini berkaitan dengan sakaratul maut menurut Ibnu Katsir.

3. Ketika masuk alam kubur dan akan dibangkitkan dan dia dijamin masuk surga.
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh dan merendahkan diri kepada Tuhan mereka, mereka itu adalah penghuni-penghuni surga mereka kekal di dalamnya.
 “ (QS. Hud [11] : 23)

Marilah kita senantiasa berdzikir, berdoa dan selalu bersama orang-orang yang shalih. Sekali berkawan dengan orang yang tidak shalih akan berbahaya