Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Friday, 20 May 2016

Sang Pengembara



Ada sebuah tradisi kita dulu, ketika seseorang hendak merantau atau mengembara, selalu dibekali ilmu 'kanuragan' = ilmu bela diri untuk keamanan selama diperjalanan dan di perantauan, karena dia akan melewati hutan belantara dengan hewan-hewan buasnya, melewati berbagai wilayah asing dengan kultur budaya dan karakter penduduk yang berbeda serta ganasnya persaingan hidup dengan berbagai bentuk kejahatan yang menyertainya.

Di zaman ini, banyak kalangan profesional yang hidupnya sepanjang tahun TERBANG dari satu wilayah ke wilayah lain, dari satu negara ke negara lain untuk sebuah keperluan bisnis atau dinas, seolah-olah perjalanannya selalu AMAN karena ditunjang dengan fasilitas perjalanan yang aman dan nyaman serta berbagai jaminan asuransi yang cukup.

Sehingga kita kadang LUPA dengan Allah yang lebih canggih jaminan keamanannya, dan yang menjamin segala kebutuhan kita selama dalam perjalanan.
Dan ternyata, kita semua adalah PENGEMBARA, yang selalu bisa terbang kemana saja kita mau, tanpa batas ruang dan waktu, apakah kita selalu aman disitu ? banyak perayu, penipu dan pemuas nafsu.

Allahlah yang menciptakan dan pemilik Wilayah-Wilayah itu, Allah yang memberi MAKAN ketika kita LAPAR, Allah yang menjamin KEAMANAN ketika kita dalam KETAKUTAN, kepada siapa lagi kita menyembah dan mengabdi kalau bukan kepadaNya ?

Selalu bersama Allah, merasakan setiap sapaannNya, selalu merasakan kehadiranNya disegala aktifitas kita, saat itulah kita akan rasakan keamanan dan kenyamanan yang tiada tara.



Refleksi Surah Al-Quraisy