close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Thursday 28 March 2024

Keutamaan Makan Sahur

Puasa adalah ibadah wajib bagi umat Islam di bulan Ramadhan. Mengikuti sunnah Rasulullah Saw, lazimnya puasa diawali dengan makan sahur.

Ibadah puasa berlangsung sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Sebelum menjalankan ibadah puasa, umat Islam biasa memulainya dengan makan sahur sebagaimana yang disunahkan oleh nabi.

Sahur merupakan aktivitas makan atau minum yang dilakukan seseorang sebelum berpuasa dan sebelum datangnya waktu imsak. Lebih lanjut Kemenag menjelaskan, hukum sahur adalah sunnah.

Berikut keutamaan makan sahur di bulan Ramadhan:

1. Waktu sahur merupakan waktu yang baik untuk memohon ampun.

Waktu sahur adalah waktu yang diberkahi Allah SWT. 

Rasulullah SAW Bersabda:Rabb kita tabaroka wa ta'ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman: "Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni." (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Waktu sahur adalah waktu yang baik untuk beristighfar dan memohon ampun kepada Allah SWT. (Q.S adz-Dzariyat: 18).

2. Di dalam sahur ada keberkahan

Rasulullah SAW Bersabda: "Bersahur itu adalah suatu keberkahan, maka janganlah kamu meninggalkannya, walaupun hanya dengan seteguk air, karena Allah dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur (makan sahur)." (HR. Ahmad).

3. Mendapat doa dari malaikat

Rasulullah SAW Bersabda:"Makan sahur adalah makan penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur." (HR. Ahmad).

4. Membedakan puasa orang Islam dengan Yahudi dan Nasrani

Rasulullah SAW Bersabda:"Sesungguhnya perbedaan antara puasa kita dan puasa ahli kitab adalah makan sahur." (HR. Muslim).

5. Ketaatan kepada Rasulullah Saw

Allah SWT berfirman: "Niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.”(QS.Al-Ahzab:71)

Itu tadi keutamaan makan sahur di bulan Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa!