close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Saturday 25 March 2023

Keutamaan Dahsyat Shalat Tarawih

Marhaban ya Ramadhan, selamat datang bulan yang paling umat Islam nantikan. Ketika mendengar kata istimewa tersebut, pikiran Sahabat pasti langsung tertuju kepada waktu shalat malam yang disebut shalat tarawih. Hukum sholat tarawih yaitu sunnah muakkad yang artinya muslim sangat dianjurkan untuk dikerjakan karena keutamaan shalat tarawih berpahala 27 derajat hingga dapat melengkapi kekurangan saat Anda melakukan ibadah wajib.

Keutamaan Shalat Tarawih

Patrikan kepada hati, bahwa sesibuk apapun kita, usahakan jangan lewatkan shalat malam yang mengandung beragam keutamaan spesial, salah satunya menghapus dosa di masa lalu. Kenapa? Yuk, baca hingga tuntas supaya tercerahkan.

1. Hapus Dosa di Masa Lalu

Tidak bisa disangkal bahwa puasa tanpa shalat tarawih bagaikan makanan yang hambar. Tidak seperti iklan barang mainan yang dijual terpisah, puasa dan tarawih merupakan 1 paket yang tidak bisa dipisahkan. Rasulullah SAW bersabda:

 “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA)

Dosa dapat ditemukan di mana saja di setiap kegiatan kita sebagai hamba Allah. Maka dari itu, shalat tarawih menjadi bonus dari Allah yang dapat kita kejar di bulan istimewa ini. Hanya setahun sekali yang langka ini umat Islam mengumpulkan pahala melalui shalat malam tersebut.

Mungkin ada pikiran bahwa Ramadhan merupakan rutinitas tahunan. Akan tetapi, 1 tahun 12 bulan menyimpan banyak rahasia dan kejadian yang seringkali tidak kita duga atau keluar dari rencana. Maka dari itu, maksimalkan ketika memiliki kesempatan untuk shalat tarawih saat bertemu Ramadhan.

2. Meramaikan Masjid 

Sholat tarawih membuat suasana masjid menjadi hikmat dan tenang. Orang yang melakukan sholat tarawih berjamaah berpahala sebanyak 27 derajat. Seperti hadits Rasulullah SAW berikut ini:

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Salat berjemaah lebih utama dibandingkan salat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari).

3. Pahala Seperti Sholat Qiyamul Lail Semalam Penuh

Keutamaan sholat tarawih selanjutnya yaitu berpahala seperti sholat semalam penuh serta dianjurkan untuk dilakukan berjamaah meskipun di rumah. Hal ini seperti sabda Nabi Muhammad SAW:

“Siapa yang salat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.”

Ramadhan adalah tempat untuk menimba pahala sebanyak-banyaknya. Saat rutin melaksanakan sholat tarawih, maka pahalanya setara seperti Anda melakukan qiyamul lail semalam suntuk.

4. Mempererat Tali Silaturrahmi Sesama Muslim 

Datang ke masjid untuk melaksanakan sholat tarawih ini seperti mempererat tali silaturrahmi dengan sesama muslim. Saat sholat tarawih berjamaah, hati rasanya menjadi tenang dan khusyuk. Sambil tetap mempratikkan protokol kesehatan, sholat tarawih berjamaah di masjid menjadi aman. Lalu, dengarkan ceramah baik-baik supaya silaturrahmi tidak hanya bernilai kelakar, tetapi ibadah.

5. Meningkatkan Ketakwaan dan Mendekatkan diri Pada Allah 

Pernahkah Anda merasa berada di titik ternyaman sholat tarawih karena saking enaknya imam membaca ayat Al Quran? Jika sholat dilaksanakan sungguh-sungguh dan tidak terburu-buru, maka akan timbul ketenangan batin. Dengan melakukan ibadah sunnah ini secara rutin pada bulan Ramadhan merupakan bentuk manusia yang bertakwa kepada Allah.

Lagipula, sholat tarawih hanya ada di bulan Ramadhan. Sudah sepatutnya kita semua bersyukur karena masih bisa mengumpulkan serta menambah iman dan pahala lewat kebaikan bulan mulia ini. Jadi, pacu terus semangat ibadah setahun sekali ini, ya!