close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Friday 8 April 2022

Keutamaan Sedekah Di Bulan Ramadhan

Sedekah merupakan salah satu solusi untuk memecahkan masalah. Pasalnya, dengan sedekah kita bisa membuat orang lain bahagia dan akan merasakan ketenteraman karenanya. Sedekah alangkah lebih baik jika dilakukan di bulan Ramadhan. Mengapa? Karena sedekah di bulan ini lebih utama daripada bulan-bulan lainnya.

Bersedekah di bulan Ramadhan sangatlah banyak keutamaan dan faedahnya, baik itu untuk orang yang bersedekah, orang yang menerimanya, dan masyarakat secara umum. Di antara keutamaan tersebut adalah:

1. Keutamaan Sedekah Ramadhan: Pada bulan Ramadhan Allah Ta’ala menebarkan rahmat dan kasih sayang-Nya untuk para hamba-Nya, begitu pula ampunan serta pembebasan dari siksa neraka.

Maka, bagi siapa saja di antara para hamba-Nya yang mengasihi fakir miskin di bulan ini sungguh Allah akan mengasihi, merahmati, dan melapangkan rezekinya.

2. Keutamaan Sedekah Ramadhan: Puasa dan sedekah dapat menumbuhkan sikap solidaritas antar sesama anggota masyarakat, di berbagai lapisan mereka.

Dengan puasa si kaya dapat merasakan kelaparan yang dirasakan oleh si miskin. Dan dengan sedekah orang miskin pun bisa terbantu sehingga tidak lagi merasa sedih dan iri kepada si kaya.

3. Keutamaan Sedekah Ramadhan: Barang siapa yang dapat memadukan antara puasa dan sedekah, maka itu merupakan kunci surga baginya.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Sahabat bertanya, ‘Untuk siapakah ruangan-ruangan itu wahai Rasulullah?’ Jawab beliau, ‘Untuk siapa saja yang berkata baik, memberi makan, selalu berpuasa dan shalat malam ketika orang-orang dalam keadaan tidur’,” (HR. Ahmad dan Tirmidzi, hasan).

Puasa dan sedekah merupakan penggugur dosa dan pelindung dari panasnya api neraka.

Karena itu, lengkapilah Ramadhan dengan sedekah agar puasa semakin berkah