close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Tuesday 23 November 2021

Hal Yang Dilakukan Ketika Anak Lahir

Ada lima hal yang harus dilakukan orang tua ketika anak lahir. Dikutip dari buku Fikih Pendidikan Anak karya Syekh Mustafa Al Adhawy, berikut kelima hal tersebut:

Ketika anak lahir, berdoa lah kepada Allah untuk perlindungannya

Sebagaimana yang dilakukan istri Imran saat melahirkan Maryam, dalam Surat Ali Imran ayat 36,

 “Maka ketika melahirkannya, dia berkata, “Ya Tuhanku, aku telah melahirkan anak perempuan.” Padahal Allah lebih tahu apa yang dia lahirkan, dan laki-laki tidak sama dengan perempuan. “Dan aku memberinya nama Maryam, dan aku mohon perlindungan-Mu untuknya dan anak-cucunya dari (gangguan) setan yang terkutuk.”

Ketika anak lahir, waspada lah terhadap penyakit ain’

Dalam sebuah hadits dijelaskan

 “Telah menceritakan kepadaku dari Malik dari Humaid bin Qais Al Makki berkata; “Suatu ketika dua anak Ja’far bin Abu Thalib dibawa ke hadapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau bertanya kepada perawatnya: “Kenapa aku melihat keduanya sangat kurus?” penjaganya menjawab, “Wahai Rasulullah, penyakit ‘ain telah menyerang mereka berdua dengan cepat. Tidak ada yang menghalangi kami untuk meminta mereka diruqyah, hanya saja kami tidak mengetahui apakah anda menyetujuinya.’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lalu bersabda: ‘Ruqyahlah mereka, karena sesungguhnya jika ada yang dapat mendahului takdir, niscaya penyakit ‘ain-lah yang akan mendahuluinya.”

Ketika anak lahir, jangan membencinya jika berparas buruk

Dalam surat Ali Imran ayat 6 disebutkan bahwa Allah lah yang membentuk rupa setiap bayi yang dilahirkan,

 “Dialah yang membentuk kamu dalam rahim menurut yang Dia kehendaki. Tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.”

Ketika anak lahir, Berilah nama yang baik

 “Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya dari Hisyam dari Bapaknya dari Aisyah radliallahu ‘anhuma, ia berkata, “Seorang bayi dibawa ke hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang kemudian beliau suapi dengan kunyahan buah kurma, ketika bayi itu kencing, beliau memercikinya dengan air.”( HR.Bukhari)