close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Thursday 15 April 2021

Mengajarkan Puasa Pada Anak Sejak Dini

Cara mengajarkan puasa pada anak sangat dibutuhkan bagi para orangtua, yang ingin memperkenalkan sejak dini tentang puasa pada anaknya. Memang, anak kecil yang belum memasuki masa puber belum diwajibkan untuk menjalankan puasa Ramadan. Namun, tidak ada salahnya sebagai orangtua untuk mengenalkan puasa Ramadan kepada anak sejak dini.

Cara mengajarkan puasa pada anak sejak dini ini bertujuan agar saat menginjak masa puber dan sudah wajib menjalankan puasa Ramadan, anak sudah bisa menjalankan puasa dengan baik. Ya, memperkenalkan anak pada ibadah puasa bukanlah hal yang mudah. Namun ini merupakan salah satu tanggung jawab sebagai orangtua untuk mengajarkan anak berpuasa secara bertahap dan perlahan.

Lalu, bagaimana cara mengajarkan puasa pada anak yang tepat agar menjadi hal yang biasa untuk anak?

Menjelaskan Konsep Puasa pada Anak

Walaupun anak Kita mungkin belum mengerti, namun penting bagi orang tua untuk menjelaskan maksud dan manfaat dari puasa Ramadan ini.

Memberikan Contoh Berpuasa pada Anak

Setelah menjelaskan konsep berpuasa, Kita bisa juga mengajarkan anak untuk ikut puasa yang dimulai dengan memberikan contoh. Hal ini akan membuat anak Kita lebih mudah mempraktikkannya. Kita bisa memberikan contoh melalui diri Kita sendiri.

Mulailah Secara Bertahap

Kemudian Kita bisa melatih anak untuk berpuasa secara bertahap sesuai dengan kemampuan fisik anak. Awali saja dengan puasa yang hanya dilakukan sampai waktu Zuhur terlebih dahulu selama beberapa hari. Kemudian bisa melanjutkan berpuasa hingga waktu Asar.

Kalau anak Kita sudah merasa kuat, boleh mencoba berpuasa hingga waktu beduk Maghrib.

Melakukan Kegiatan Seru Saat Ngabuburit

Oleh karena itu, Kita perlu menyiapkan berbagai kegiatan seru untuk mengisi waktu berbuka agar anak Kita tetap semangat melanjutkan puasanya hingga Maghrib. 

Memberikan Penghargaan pada Anak

Saat Kita mengajarkan anak untuk ikut menjalankan ibadah puasa, jangan lupa juga untuk memberikannya apresiasi. Ya, hal ini tidak kalah pentingnya dari mengajarkan anak untuk berpuasa. Memberikan apresiasi pada anak juga menjadi salah satu hal yang tak kalah penting.

Tidak melulu hadiah, cukup dengan memberikan pujian dan mengatakan bahwa anak Kita adalah anak yang hebat