close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Thursday 22 April 2021

Cara Mengajarkan Anak Pentingnya Ramadhan

Ramadhan selalu menjadi waktu yang sangat spesial bagi umat Islam di seluruh dunia. Ini adalah waktu untuk lebih dekat dengan Pencipta kita, untuk penyembuhan spiritual, untuk mencari pengampunan dan keridhaan Allah.

Namun terkadang kita tidak begitu tahu bagaimana caranya agar anak kita merasakan keunikan bulan suci ini. Di sisi lain, bahkan sulit untuk membuat mereka menerima ritual Ramadhan dan memahami makna sebenarnya dari ibadah sebulan penuh ini.

Berikut tips bagi orang tua untuk mengajarkan anak tentang pentingnya Ramadhan sekaligus sebagai persiapan menyambut bulan suci tersebut:

1.Pilih waktu yang tepat

Pilih waktu santai bersama anak Anda sebelum Ramadhan, dan perkenalkan Ramadhan agar dia bisa mengerti. Pikirkan tentang seorang teman atau anggota keluarga yang tersayang di hati anak Anda. Tanyakan bagaimana perasaannya jika orang ini datang mengunjungi Anda sebentar dengan membawa semua hadiah dan permen.

Akankah kunjungan ini membuatnya bahagia? Mengapa? Hubungkan ini dengan datangnya bulan suci yang datang hanya setahun sekali dengan banyak manisan juga, kali ini dari Allah SWT.

2.Siapkan rencana

Siapkan rencana tindakan sederhana untuk bersiap-siap bersama menyambut kedatangan tamu tersayang. Bagaimana Anda merencanakan tamu Anda? Satukan rencana tindakan untuk mempersiapkan rumah dan diri Anda sendiri untuk menyambut bulan suci.

3.Ngobrol

Berbicara atau ngobrol dengan anak Anda tentang pintu surga yang dibuka di bulan suci ini sangat dianjurkan. Anda bahkan dapat melakukan tur setiap malam ke surga dan melihat lebih dekat apa yang telah disiapkan Allah SWT bagi mereka yang menaati-Nya di bulan suci ini.

Ingat juga untuk membantu anak-anak memanfaatkan Ramadhan dengan membuat mereka bersemangat saat berpuasa dan berbuka puasa.

4.Libatkan anak

Mintalah anak-anak Anda membantu menyiapkan makanan sahur dan buka puasa.

5.Bersedekah

Ajak mereka untuk memberi sedekah sehingga mereka menyadari semua berkah Ramadhan. Ajari anak-anak untuk berdoa. Beri tahu mereka bahwa mereka dapat meminta apa pun yang mereka inginkan. Ajari mereka untuk meminta hal-hal untuk orang lain dan juga untuk diri mereka sendiri.

Ingatlah selalu bahwa kita, orang tua, adalah teladan bagi anak-anak kita. Jika kita meningkatkan iman kita dan berhasil dalam hal itu, kita akan memberikan teladan yang dibutuhkan kepada anak-anak kita. dan ingat juga bahwa kita sendiri meluangkan waktu untuk menginternalisasi nilai riil Ramadhan.