close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Friday 9 April 2021

Apakah Benar Kita Mencintai Allah?

Allah SWT telah menciptakan alam semesta beserta seisinya dengan penuh cinta dan keMaha PerkasaanNya. Dengan segala nikmat yang Allah beri, kadang masih sulit kita membuka mata dan hati kita bahwa hanya Allah yang Maha Esa, dan dengan segala keEsa-anNya tak mungkin ada Tuhan selain Dia.

Allah SWT menciptakan manusia untuk menjadi seorang khalifah atau pemimpin, pemimpin ummat atau minimal untuk dirinya sendiri. Allah memerintahkan manusia untuk menjaga bumi dan seisinya dari kerusakan. Allah memerintahkan manusia untuk taat dan bertakwa kepadaNya. 

Rasulullah SAW:"Barangsiapa yang mencintai berjumpa Allah, Allah mencintai berjumpa kepadanya, sebaliknya siapa yang membenci berjumpa dengan Allah, Allah pun membenci berjumpa dengannya.”(HR.Bukhari)

Nah, apakah selama hidup yang telah kita jalani bertahun-tahun ini kita telah memanfaatkan waktu dan kesempatan terbaik kita dari Allah untuk terus berbuat kebaikan dan lebih mendekatkan diri kepadaNya? Atau jangan-jangan justru kita hanya mengucap cinta kepada Allah namun sejatinya kita tak benar-benar cinta kepada Allah karena kita hanya pura-pura cinta dengan masih sering menduakan atau membuatNya kecewa? Yuk kita tanyakan pada diri kita dengan ciri-ciri cinta kita kepada Allah seperti di bawah ini:

1. Mencintai Allah berarti Mendahulukan Allah Melebihi Yang Lain

Allah SWT selalu menjadi nomor satu dan tak tergantikan dengan apapun di urutan pertama. Seperti ketika kita mencintai seseorang, maka keinginan kita adalah selalu menomorsatukan orang tersebut dalam urusan kita. Nah, kita saja bisa mencintai manusia yang adalah ciptaan Allah, apakah kita malah justru akan melupakan Sang Penciptanya yang Maha Hebat?

Ketika masih ada dalam diri kita meletakkan urusan duniawi seperti harta atau orang lain di atas Allah, segeralah kita bertaubat dan memohon ampun pada Allah..

2. Mencintai Allah berarti Melakukan Segala PerintahNya

Ketika kita menyatakan cinta kepadaNya, seperti konsep cinta kita pada seseorang, maka kita akan memenuhi segala permintaan orang yang kita cintai, sehingga benarlah ketika kita merasakan cinta luar biasa kepada Allah maka kita tak akan pernah ragu atau berat hati lagi dalam menjalankan segala perintahNya dan menjauhi semua yang dibenciNya.

3. Mencintai Allah berarti Selalu Mengingat dan Ingin Selalu Dekat DenganNya

Ya, Allah selalu ingin hambaNya dekat dan terus mengingatnya. Itulah mengapa ketika kita mengaku cinta kepada Allah, sudah seharusnya tak pernah luput hati dan lisan kita untuk selalu menyebut namaNya, tak pernah henti pikiran dan hati kita mengingatNya, dan selalu rasa diri kita untuk ingin dekat dan semakin dekat denganNya. Lalu dengan apa? Banyak bersyukur, banyak berdzikir atau menyebut Allah dalam setiap hembusan nafas kita, dan memperbanyak ‘amal yang bisa mendekatkan hati kita kepadaNya.

4. Mencintai Allah berarti Siap Berkorban demi KeridhaanNya

Sungguh luar biasa, ketika kita mengaku mencintai Allah dengan sebenar-benarnya, bahwa tak ada keraguan dan ketakutan lagi kehilangan dunia dan seisinya demi meraih keridhaan Allah, karena Allah pasti akan menggantinya dengan sebaik-baik ganti di SyurgaNya kelak. In shaa Allah.

Perlu kita renungkan dalam diri kita masing-masing, sudah benarkan pengakuan cinta kita kepada Allah? Atau hanyalah kita sebutkan dan gembar-gemborkan secara lisan saja namun na’udzubillaah ternyata hati kita mengatakan tidak? Semoga bermanfaat untuk introspeksi kita bersama. Aamiin.