close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Wednesday 10 March 2021

Cara Menghadapi Anak Terlalu Aktif

Memiliki anak yang cenderung sangat aktif hingga tak bisa diam baik di rumah maupun di sekolah, pasti menjadi hal yang memusingkan sekaligus menjengkelkan bagi orang tua. Jika anak cenderung tak bisa diam, memang cara untuk mengatasinya adalah dengan lebih mengontrol mereka.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa Kita lakukan untuk mengontrol anak-anak yang tak bisa diam:

1. Beri kasih sayang lebih

Ketika anak mulai tak bisa diatur, cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menunjukkan seberapa besar rasa cinta Kita kepadanya dan ketika mereka mulai tidak mood, beri mereka pelukan yang hangat. Dengan begitu, mereka akan tahu bahwa Kita benar-benar mencintainya dan akan sedih jika mereka melakukan sesuatu yang tak menyenangkan.

2. Dengarkan mereka

Dengarkan apa yang dibicarakan anak ketika mereka sedang tidak bisa diam karena itu bisa jadi isi hati mereka selama ini. Tunggu mereka tenang dan mulai ajak bicara pelan-pelan.

3. Alihkan perhatian mereka

Untuk mengalihkan perhatiannya, Kita bisa mencarikan anak-anak 'teman' baru misalnya anak sahabat, mainan baru, hewan peliharaan atau lebih baik jika Kita sendiri yang bisa jadi teman bagi mereka. Alihkan juga perhatiannya dengan memberinya berbagai kegiatan.

4. Jangan dimarahi ketika mendiamkan mereka

Anak yang hiperaktif ketika dimarahi bisa makin 'menjadi'. Oleh sebab itu, sebaiknya ajak mereka bicara pelan-pelan, setelah kondisi terkendali barulah bicara dengan anak dari hati ke hati.

5. Ajari mereka

Untuk mengajari anak-anak, tak bisa hanya sekali dua kali melakukannya. Sebaiknya, ajari kesabaran dan kasih sayang pada anak yang terlalu aktif dengan menambah family time. Sehingga, Kita juga bisa lebih dekat dengan anak dan mengenal apa penyebab mereka tidak bisa diam.