close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Wednesday 24 February 2021

Penangkal Segala Kesulitan

Pernahkah Kita Merasakan terus dihantui oleh banyaknya penderitaan dan kesulitan dalam menjalani hidup? Mungkin kita perlu mengingat kembali bahwa sejatinya hidup adalah sebatas ujian yang pada akhirnya dimengerti siapa saja diantara kita yang lebih baik amalnya, baik amal dalam keadaan lapang dan sempit. Ragam enak dan tidak enaknya kehidupan menuntut sikap arif dan kesabaran level tinggi dari siapa saja.

Sabar bisa menjadi peneduh sekaligus oase di tengah merosotnya frekuensi iman kita. Sabar tidak hanya dilakukan ketika seseorang tertimpa derita dan kesulitan, melainkan bisa dapat berarti menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum Islam. Menahan diri dalam keadaan lapang dan keadaan sempit dan dari hawa nafsu yang menggoyahkan iman. Karena itulah jika ada yang bertanya, apakah penangkal derita dan kesulitan hidup? Maka jawabannya adalah sabar. Dalam 

Saking pentingnya sikap sabar bagi setiap manusia, Allah menyebut kata sabar dalam Alquran sebanyak 70 kali. Sedangkan, ungkapan Allah yang khusus diperuntukkan bagi mereka yang bersabar tertuang setidaknya melalui 16 ayat Alquran yang berbeda-beda.

Bersabar memang senjata ampuh dan penangkal derita dan kesulitan terbaik. Jikalau penderitaan hidup atau kesulitan hidup datang menjumpai kita, terus kita bisa bersikap sabar dalam menghadapinya, maka yang ada adalah manisnya iman dan kedekatan kita yang semakin dekat kepada Tuhan. Sikap yang demikian membuat kita tetap tangguh, tidak akan menjadi lemah dan mudah stres ketika mendapatkan penderitaan dan kesulitan hidup.

"Siapa yang sungguh-sungguh berusaha untuk bersabar maka Allah akan memudahkan kesabaran baginya. Dan tidaklah seseorang dianugerahkan (oleh Allah Subhanahu wa ta'ala) pemberian yang lebih baik dan lebih luas (keutamaannya) daripada (sifat) sabar." (HR Al Bukhari)

Orang yang tidak dapat bersabar merupakan orang yang lemah dan bersedih, padahal kita adalah hamba yang paling tinggi jika kita beriman kepada-Nya. Allah mencintai orang-orang yang bersabar, Dia akan selalu dekat dengan orang yang bersabar, memberikan kebahagiaan pada orang-orang yang bersabar. Kebahagian itulah yang akan mendominasi derita dan kesulitan yang menghapiri. Alhasil, benar adanya bahwa sabar adalah penangkal penderitaan dan penolong atas setiap kesulitan.