close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Friday 29 January 2021

Sabar Dan Syukur Atas Takdir Allah

Roda kehidupan selalu berputar setiap waktunya, kadang di atas kadang pula di bawah. Kadang ada masanya untuk bahagia kadang kala ada masanya untuk berduka. Inilah hidup.

Terkadang kita selalu berpikir bahwa hidup ini terlalu sulit untuk dijalani, banyak cobaan, rintangan, halangan, bahkan tantangan. Semuanya seolah-olah membuat hidup ini tak berarti apa-apa. Namun ketahuilah, hidup ini indah bila kita terus selalu mensyukurinya.

Tiada daya dan upaya kecuali hanya atas izin Allah SWT. Rasa kenyang setelah makan, merupakan suatu nikmat yang Allah berikan. Sebagai contoh, fungsi kaki adalah untuk berjalan. Tetapi, banyak orang di luaran sana yang tidak bisa berjalan.

Namun Allah memberikannya kelebihan untuk berkarya dan berprestasi. Maksudnya, untuk dapat berkarya dan berprestasi, Allah lah yang memberi kemampuan lebih kepadanya.

Kehidupan kita di dunia ini semuanya atas izin Allah. Benar adanya, banyak yang kaya karena usaha dan kerja keras. Namun, berapa banyak di luar sana tidak kaya-kaya, walaupun telah bekerja siang dan malam? Bukan berarti kita dianjurkan untuk berdiam diri menunggu takdir terjadi dengan sendirinya.

Sunnatullahnya adalah setiap hal yang terjadi karena ada penyebabnya dan semua pun terjadi dengan izin Allah.

“Alangkah mengagumkan keadaan orang yang beriman, karena semua keadaannya (membawa) kebaikan (untuk dirinya), dan ini hanya ada pada seorang mukmin; jika dia mendapatkan kesenangan dia akan bersyukur, maka itu adalah kebaikan baginya, dan jika dia ditimpa kesusahan dia akan bersabar, maka itu adalah kebaikan baginya." (HR Muslim Nomor

Ya sering kali kita tak pernah mengucap syukur akan nikmat nafas kehidupan itu. Padahal, Allah telah memberikan nafas kehidupan hingga saat ini secara gratis

Alhamdulillah ya rabb. Bersyukurlah hingga saat ini Allah masih mempercayai kita untuk melakukan perubahan. Jangan mengeluh apalagi menggerutu tentang hidupmu. Ingat bersyukurlah! Karena kau masih bisa bernafas.