close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Friday 8 January 2021

Manfaat Bercanda Di Tengah Keluarga

Keluarga menjadi tempat pertama bagi anak-anak untuk bermain, belajar, hingga bersosialisasi. Jadi, peran orangtua sangat penting bagi si Kecil. 

Salah satu kegiatan yang melibatkan permainan dan sosialisasi, yaitu bercanda. Dengan bercanda, Orang tua dapat mengenalkan anak pada batasan humor yang sehat. 

Bercanda bisa menjadi pilihan hiburan di rumah. Keharmonisan dalam keluarga pun dapat terbentuk melalui bercanda.

Selain itu, ada banyak dampak positif yang akan didapatkan keluarga Mama dari bercanda

1. Hiburan setelah lelah beraktivitas

Setiap orang yang telah beraktivitas seharian, tentu saja akan merasa lelah sehingga perlu waktu istirahat. Selain beristirahat dengan tidur, baik orangtua maupun anak-anak membutuhkan suasana yang santai di rumah. 

Apabila antar anggota keluarga cukup sering bercanda, suasana santai nan menenangkan akan mudah didapatkan. Selain itu, seringnya bercanda dalam keluarga bisa menjadi pilihan hiburan di kala lelah. 

2. Menciptakan hubungan yang erat antar orangtua dan anak

Adanya perbedaan usia maupun zaman antara orangtua dengan anak-anak seringkali menghadirkan hubungan yang kaku. Namun, permasalahan ini dapat diatasi dengan bercanda di rumah. 

Bahkan, kebiasaan humor ini bisa membuat hubungan keluarga menjadi layaknya teman. Orangtua dan anak-anak pun akan saling merasa nyaman. 

3. Si Kecil akan lebih terbuka pada Orang Tua

Seringnya candaan dalam keluarga akan membentuk rasa nyaman dan aman bagi anak-anak terhadap orangtua. Jadi, si Kecil dapat lebih terbuka dalam beragam hal.

4. Terhindar dari pertengkaran

Dengan adanya suasana yang penuh tawa dan keceriaan di rumah karena bercanda, hubungan keluarga akan berjalan lebih harmonis.

Pertengkaran pun dapat dihindari, seberat apapun masalahnya. Jadi, masalah apa saja tetap bisa dibawa santai. 

5. Hubungat tetap lekat, meski jarak tidak lagi dekat

Suasana rumah yang penuh tawa canda akan menghadirkan kedekatan dalam keluarga. Momen seperti ini biasanya akan selalu teringat dalam hati orangtua maupun anak. 

Jadi, hubungan keluarga akan tetap erat, meski orang tua dan buah hati mungkin saja akan tinggal terpisah.