close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Tuesday 5 January 2021

Kisah Ajaib Datangnya Rezeki


 

Dahulu kala ada sebuah kisah ajaib pada masa salaf, yang bisa mendatangkan uang secara ajaib. Kisah ini disebutkan oleh Khatib Al-Baghdadi.

Abu Bakar Az-zaqqaq berkata,

“Abu Said Al Kharraz pernah bercerita kepadaku, ketika aku berada di Makkah, aku mempunyai seorang teman yang wira’i . Selama 3 hari kami menginap tanpa memakan sesuatu apapun. Sementara itu di hadapan kami, ada seorang fakir yang membawa mangkuk dan teko yang ditutupi dengan sepotong daun rami. Setiap aku melihatnya, ia memakan roti. Kemudian aku berkata pada diriku, Demi Allah akan aku katakan kepada orang ini, bahwa pada malam ini kami berada dalam penjamuanmu.

Aku pun mengatakan apa yang terbesit dalam pikiranku. Lalu ia menjawab,

‘Ya, sebuah kehormatan.”

Ketika tiba waktu malam, aku memperhatikannya. Namun aku tidak melihat apapun bersamanya. Setelah itu ia mengusap tangannya di atas sebuah tiang. Lalu tiba-tiba, ada sesuatu yang menempel di atas tangannya dan diserahkannya kepadaku. Ternyata itu adalah uang dirham, namun tidak seperti uang dirham pada umumnya.

Kami kemudian membeli roti dan lauk. Setelah beberapa hari, aku datang dan mengucapkan salam kepadanya. Aku katakan kepadanya, pada malam itu, aku senantiasa memperhatikanmu. Dan sekarang aku ingin tahu, dengan apakah kamu bisa sampai seperti ini, mendatangkan uang dirham? Jika itu bisa dilakukan dengan suatu amalan tertentu, maka beritahulah aku.

Ia kemudian menjawab, ‘Wahai Abu Sa’id hanya satu kata saja, kamu keluarkan kedudukan makhluk dari hatimu. Niscaya kamu sampai pada kebutuhanmu.