Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Thursday, 14 January 2021

Keajaiban Pelukan Orang Tua Pada Anak

Sahabat ,tahukah bahwa ada keajaiban pelukan orangtua bagi anak? Mengapa memeluk anak setiap hari sangat dianjurkan?.

Keharmonisan rumah tangga tidaklah lengkap bila antara orangtua dan anak  tidak saling mendapatkan rasa cinta dan kasih sayang. Banyak hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Salah satunya adalah karena tuntutan ekonomi dan pekerjaan yang membuat orang tua kehilangan waktu untuk dapat bersama dengan anak.

Jika kondisi memang demikian, salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua untuk dapat mendekatkan hubungan dengan anak meski memiliki waktu sedikit adalah dengan cara memeluk anak.

Keajaiban Pelukan Orangtua Bagi Anak yang menyimpan sejuta manfaat.

Pelukan dapat Menimbulkan ikatan batin.

Kehadiran hormon endomorfin yang muncul saat berpelukan dapat mengurangi ketegangan saraf dan serta tekanan darah. Bahkan penelitian di university of Itali menunjukkan data, bahwa anak yang sering mendapat pelukan dari orang tuanya akan lebih efektif sembuh dari depresi. Dan akan timbul rasa percaya dirinya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan.

Pelukan saat bayi baru lahir.

Pelukan saat inisiasi dini, sesaat bayi terlahir ke dunia, akan mentransfer sejenis mikroorganisme. Hal itu akan membuat daya tahan tubuh bayi akan semakin kuat. Dan ketika pelukan dengan rasa sayang ini di teruskan hingga masa kanak-kanak dapat menjadikan pribadi anak yang tidak gampang stress. (Penelitian Journal of Epidemiology and Community Health).

Pelukan dapat Membuat anak lebih cerdas.

Memeluk anak, akan memunculkan hormon yang bernama endomorfin. Ini berfungsi untuk mengurangi saraf-saraf tegang dan juga tekanan darah. Yang artinya anak yang lebih banyak atau sering dipeluk oleh orang tuanya tentu akan terhindar dari stress. Semua aktivitas hariannya akan dijalani dengan lancar, termasuk ketika belajar di sekolah. Sehingga, ini bisa memudahkan anak-anak dalam berkonsentrasi dan menyerap pelajaran yang tentunya akan membuatnya menjadi lebih pintar dan cerdas. Bunda bisa memeluk anak saat bangun pagi, sebelum berangkat dan setelah pulang sekolah, lalu saat ingin tidur.

Pelukan dapat membuat anak menjadi penyayang.

anak yang sering mendapat belaian, sentuhan dan pelukan kasih sayang dari orang tuanya akan tumbuh menjadi anak yang penyayang. Dan pertumbuhannya sehat, nyaman dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.