close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Tuesday 22 December 2020

Jangan Mengeluh Jika Lelah Bekerja

Sahabat ternyata Lelah bekerja menghapus dosa. Bekerja adalah kewajiban dari seorang laki-laki. Namun ternyata wanita juga bisa kelelahan karena banyak melakukan pekerjaan rumah. Banyak orang yang mengeluh karena kelelahan dalam bekerja padahal banyak orang yang merasa sedih dan juga bingung karena tidak memiliki pekerjaan.

Jika sering mengalami kelelahan karena bekerja sebaiknya coba pikirkan bagaimana orang-orang di luar sana yang belum menemukan pekerjaan yang sesuai. Setiap pekerjaan yang dilakukan tentu saja ada tingkat kesulitan dan kelelahannya masin-masing. Asalkan pekerjaan tersebut mampu dilakukan dan juga tidak menghalangi ibadah maka pekerjaan itu bisa tetap disyukuri.

Laki-laki yang bekerja karena menafkahi keluarga memiliki pahala yang sangat besar. Bahkan dikatakan jika jihadnya seorang kepala keluarga adalah ketika mencarikan nafkah bagi anak istri atau keluarganya. Jika seorang laki-laki bekerja dengan tulus ikhlas dan juga bertaqwa kepada Allah tentu saja Allah akan memberikan imbalan yang luar biasa di akhirat nanti.

Namun memang terkadang sebagai manusia biasa ada banyak keluahan yang mungkin terucap apalagi jika tubuh terasa begitu lelah. Namun dengan keyakinan bahwa Lelah bekerja menghapus dosa maka akan semakin mudah untuk ikhlas dalam bekerja.

Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa yang di waktu sore merasa capek (lelah atau letih) lantaran pekerjaan kedua tangannya (mencari nafkah) maka di saat itu diampuni dosa baginya.” (HR. Thabrani)

Siapa saja yang dimalam hari merasakan lelah karena bekerja seharian maka Allah akan mengampuni dosanya. Jadi jika ada kelelahan yang dirasakan oleh tubuh, perlu bersabar karena disaat itu Allah sedang menghapuskan dosa-dosanya. Segala kesusahan atau kesedihan yang dialami oleh seorang hamba, disitulah Allah sedang menghapuskan dosa.

Allah adalah Tuhan yang maha pengasih sehingga Allah tidak ingin menganiaya hambanya bahkan di akhirat nanti. Untuk meringankan dosa hamba, Allah sering memberikan cobaan agar hamba tersebut kembali dan bisa lebih bersih dari dosa. Lelah bekerja menghapus dosa memang menjadi salah satu bukti kasih sayang Allah kepada kita.