Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Thursday, 12 December 2019

Kiat Agar Anak Bahagia


Ketika membahas perihal anak-anak, orang tua saat ini memikirkan pendidikan yang baik, kesehatan, kesuksesan, keterampilan, dll. Tapi bagaimana dengan kebahagiaan? Apakah Anda bertanya pada diri sendiri sebelumnya apakah Anda telah membesarkan anak Anda agar bahagia?

Ada beberapa tips tentang cara membesarkan anak agar bahagia.

Beri kasih sayang lewat Sentuhan

Pertama, tunjukkan kepada anak-anak Anda banyak kasih sayang fisik: pelukan, ciuman, gosok punggung, menggelitik. Sentuhan memiliki kekuatan untuk menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati. Kedua, buat anak-anak Anda bergerak karena menghadapi tantangan fisik memberikan perasaan positif akan prestasi.

Berikan Waktu Bermain Lebih Banyak

Hari ini, anak-anak terlalu dijadwalkan, memutar dan kagum dengan mainan yang pada dasarnya melakukan permainan untuk mereka. Mereka juga menghabiskan lebih sedikit waktu bermain di dalam dan di luar. Memang, waktu bermain tidak hanya bermain-main; sangat penting untuk membantu anak-anak tumbuh dan belajar.

Permainan tidak terstruktur membantu anak-anak belajar bagaimana bekerja dalam kelompok, berbagi, bernegosiasi, menyelesaikan konflik, mengatur emosi dan perilaku mereka, dan berbicara untuk diri mereka sendiri.

Biarkan Mereka Membuat Pilihan

Anak-anak memiliki sedikit kendali atas kehidupan mereka. Mereka terus-menerus diberitahu ke mana harus pergi, apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dimakan. Sedikit kontrol berjalan jauh menuju perasaan bahagia.

Bersenang-senanglah

Orang tua yang bahagia lebih cenderung memiliki anak yang bahagia, sedangkan anak-anak dari orang tua yang depresi menderita dua kali tingkat rata-rata depresi. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesejahteraan emosional anak Anda adalah dengan memperhatikan apa yang Anda miliki: luangkan waktu untuk istirahat, rilekskan, dan kembangkan hubungan Anda dengan pasangan Anda.

Berikan Tanggung Jawab Nyata

Kebahagiaan sangat tergantung pada perasaan bahwa apa yang kita lakukan itu penting dan dihargai oleh orang lain. Jadi, semakin Anda bisa menyampaikan kepada anak Anda bahwa ia memberikan kontribusi unik kepada keluarga, sejak usia dini, semakin besar rasa harga dirinya dan kebahagiaan utamanya.

Jika anak Anda suka mengatur barang-barang, berikan dia pekerjaan memilah garpu dan sendok. Jika dia suka mengasuh, mungkin perannya bisa menghibur adik perempuannya saat Anda makan malam di atas meja.

Berikan Mereka Cinta Tanpa Syarat

Anak-anak merasa kacau, Anda memberi tahu mereka untuk tidak melompat dari sofa berulang-ulang. Dan kemudian mereka menangis. Karena masa kanak-kanak sebagian besar didasarkan pada coba-coba, dan kadang-kadang anak-anak hanya perlu mengambil risiko.

Ketika anak-anak tahu bahwa orang tua mereka mencintai dan mendukung mereka, apa pun yang terjadi, mereka cenderung mengambil risiko yang sehat. Mereka percaya diri dan aman dalam keputusan mereka. Ketika anak-anak tahu bahwa orang tua mereka akan selalu ada untuk mereka, baik atau buruk, mereka bahagia.

Buat Rumah yang Nyaman, Bukan Rumah yang Dingin

Jika rumah Anda berantakan atau kacau, anak-anak cenderung tidak ingin memiliki teman. Menjaga semuanya tetap rapi dan tetap di tempat memberikan anak-anak perasaan damai dan puas. Namun, Anda tidak ingin berubah menjadi orang aneh yang kompulsif.

Kenyamanan adalah bagian besar dari kebahagiaan, dan anak-anak perlu merasa bebas untuk berlari, melompat, menjadi kotor, dan sesekali menjadi jorok di rumah mereka sendiri – sendiri dan bersama teman bermain mereka.