Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Wednesday, 8 May 2019

Beban Selalu Terjangkau


Allah Swt. berfirman, “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya..” (QS. Al Baqarah [2] : 286)

Saudaraku, adil itu adalah menempatkan sesuatu sesuai pada tempatnya. Dan Allah Maha Adil, mustahil berbuat zholim. Segala peristiwa yang terjadi di alam semesta ini terjadi karena izin Allah Swt. Termasuk di dalamnya peristiwa yang menyenangkan bagi manusia maupun yang tidak menyenangkan. Dan, bagi orang yang beriman, setiap kondisi tersebut pasti mengandung kebaikan.

Ketika hal-hal yang tidak mengenakkan terjadi, atau suatu musibah terjadi menimpa kita, maka yang penting kita yakini adalah bahwa tidak ada urusan apapun di dunia ini kecuali semua ada dalam kekuasaan Allah dan semuanya terjadi selalu dalam kadar yang terukur untuk dipikul manusia.

Allah Swt. berfirman, “Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.” (QS. Al Qomar [54] : 49)

Oleh karena itu, yang menjadi kewajiban kita adalah berserah diri kepada Allah Swt., berdoa kepada-Nya dan menyempurnakan ikhtiar sehingga keadaan bisa berubah menjadi lebih baik. Setiap persoalan terjadi hanya atas izin Allah, sehingga Allah pula Yang Maha Memiliki jalan keluarnya. Maka beruntunglah orang-orang yang senantiasa mendekatkan dirinya kepada Allah karena ia akan senantiasa dekat dengan pertolongan-Nya.

Semoga kita tergolong orang-orang yang senantiasa dibimbing oleh Allah Swt. dalam menjalani hidup ini. Sehingga persoalan apapun yang kita hadapi, kita senantiasa ditolong oleh Allah Swt. 

Aamiin yaa Robbal’aalamiin.