Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Thursday, 11 April 2019

Nasihat Rasulullah Untuk Seorang Ibu


Seorang ibu memiliki peran penting dalam kehidupan. Rasulullah Saw sangat menghormati seorang ibu. Terutama yang memegang jati diri sebagai muslimah. Sehingga beberapa poin berikut dinasihatkan Rasulullah untuk para ibu:

Berpegang teguh pada syariat Allah dalam bertingkah laku dan pergaulan sehari-hari. Karena Allah akan menjadikan semua urusan hamba yang berpegang teguh pada syari’at-Nya menjadi mudah dan menunjukkan solusi bagi setiap kesulitan hidup hamba-Nya.

Menelaah dan mengikuti langkah Rasulullah Saw. Baik perkataan maupun perbuatannya dalam bergaul dan bersikap terhadap anak-anak dan suaminya.

Menjadi suri tauladan yang baik. Karena orang-orang yang berada di sekitar mereka akan mencontoh orang tua tersebut dalam beribadah, dan tingkah laku, dalam keteguhan memegang prinsip Islam.

Jika mendapatkan problema rumah tangga, hendaknya bertanya kepada orang yang ahli dalam urusan tersebut dan bijak dalam menjawabnya.

Mendidik dengan penuh perhatian dan kasih sayang kepada anak-anak.

Bila melihat seseorang yang ditakdirkan Allah mendidik anaknya dengan didikan yang baik. Janganlah segan untuk bertanya kepadanya mereka mengenai cara yang digunakan untuk mendidik anak mereka.

Ketika anak mengenyam bangku sekolah, carilah ke lembaga manakah anak disekolahkannya dan oleh siapa dia diajari.


Bila selama ini telah melakukan kesalahan-kesalahan dalam mendidik karena sebuah warisan dari orang tua dulu, maka janganlah malu untuk mencoba beralih ke cara mendidik yang baik.

Janganlah keras kepala ketika diingatkan kesalahan dalam mendidik anak. Tetapi, berterimakasihlah kepada orang yang memberi nasihat.

Berdo’alah selalu untuk anak-anak, agar mereka dijadikan anak yang berbakti dan selalu taat dalam menjalankan syariat Islam dan kebenaran.

Yang terakhir dan yang amat penting dari segalanya adalah didiklah anak-anak dengan pendidikan agama dan spiritual.