Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Tuesday, 2 April 2019

Cara Mendidik Anak Lelaki


Mendidik anak adalah kewajiban bagi orang tua. Terlebih untuk seorang ibu, karena ibu merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya. Sebagai orang tua pun kita harus mengatahui bagaimana cara mendidik anak laki-laki dan perempuan. Sebab mendidik anak laki-laki dan perempuan sangatlah berbeda.

Kita dapat meneladani Rasulullah dalam mendidik anak baik laki-laki maupun perempuan. Cara mendidik anak laki-laki menurut Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam, diantaranya :

Menjadi ibu yang baik, sebagaimana telah disinggung tadi bahwa ibu adalah madrasah pertama untuk anak-anaknya.

Memberi nama yang baik, karena nama adalah do’a dari orang tua untuk anaknya.

Rajin menceritakan kisah teladan, seperti menceritakan kisah-kisah Nabi atau yang lain.

Tumbuhkan jiwa kepemimpinannya, agar ia memahami peranannya sebagai laki-laki serta menumbuhkan sikap mandiri dan tegas pada tempatnya.

Tunjukkan afektifitas, yaitu dengan menunjukkan rasa kasih saying. Rasa kasih sayang akan membangkitkan rasa percaya diri anak laki-laki kita. Jadi jangan segan untuk menunjukkan rasa sayang kita kepada anak laki-laki kita selama dalam taraf wajar dan bisa dimaklumi.

Memperhatikan fase-fase perkembangan anak.

Penanaman aqidan dan tauhid yang kuat, karena ini amat penting bagi kehidupannya.

Menanamkan rasa bersyukur sejak dini, agar hati anak menjadi lembut.

Itulah beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mendidik anak laki-laki sesuai yang dicontohkan oleh Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam.