Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Monday, 25 March 2019

Solusi Anak Nakal


Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya menjadi anak yang baik. Namun, semua itu tentu harus dengan usaha dari orang tua serta lingkungan yang mendukungnya. Tak jarang, banyak ditemukan anak yang tumbuh menjadi kurang baik atau masyarakat sering menyebut anak nakal.

Lantas, adakah solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak yang nakal?

Sikap Hati-hati dan Penuh Hikmah

Setiap anak pasti memiliki permasalahan yang berbeda-beda dan orang tua wajib berhati-hati dan bijaksana dalam menghadapi setiap permasalahan yang terjadi terutama mengatasi kenakalan anak, agar tidak semakin rumit.

Pandai Menyesuaikan Diri

Antara suami dan istri dalam menyikapi kenakalan anak harus bijaksana dan bisa memahami serta mencari jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi anak sehingga anak sadar bahwa dirinya sedang bermasalah. Orang tua harus bisa menyesuaikan diri dan menyelami karakter anak agar bisa berinteraksi dengan baik kepada anak yang sedang bermasalah sehingga cepat mendapatkan jalan keluar.

Menjaga Lisan

Dalam mengatasi masalah kenakalan anak orang tua harus menghindari kata-kata kotor, ucapan jelek, hardikan dan cercaan, karena demikian itu akan menutup rapat-rapat pintu ketegangan dan permusuhan antara orang tua dengan anak. Sebab kalau hal itu diketahui anak maka tidak menutup kemungkinan akan kecewa dan balas dendam kepada orang tua, sehingga orang tua akan menyesal.

Jangan Membuka Rahasia di Luar Rumah

Jika suami istri mempunyai problem rumah tangga dengan kenakalan anak maka masing-masing anggota keluarga harus pandai menyimpan rahasia, jangan suka memeberkan aib keluarga kepada keluarga suami ataupun keluarga istri, karena mereka tidak mengetahui akar permasalahan secara utuh dan gambaran problem secara menyeluruh. Hal itu bisa menimbulkan masalah baru karena masing-masing keluarga akan membela keluarganya dan menyalahkan pihak-pihak lain maka masalahnya bukan berkurang malah bertambah melebar.

Konsultasi Kepada Ahli Ilmu dan Pakar Ahli

Jika kedua pasangan menemukan jalan buntu dalam menyelesaikan masalah terutama dalam menghadapi kenakalan anak maka seharusnya kedua orang sepakat berkonsultasi kepada para ulama yang terpercaya ilmunya, insya Allah para ulama tersebut akan membantu mencarikan jalan keluar. Biasanya orang yang sedang menghadapi masalah tidak bisa berfikir panjang dan tidak mempunyai pendapat serta emosinya tidak stabil maka mereka sangat membutuhkan orang yang bisa membantu mereka.

Rela Menerima Putusan Takdir

Beriman kepada takdir secara benar sangat membantu menenangkan pikiran dan meredam gejolak hati yang sedang galau menghadapi musibah dan kemelut hidup, karena sebesar apapun usaha yang dilakukan manusia pasti dibatasi oleh ketetapan takdir Allah.

Sebab anak adalah titipan dari Sang Pencipta, maka kembalikan semua urusan kepada Allah yang telah menitipkannya. Berdo’a selalu untuk kebaikan anak-anak kita.