close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Friday 22 March 2019

Mengendalikan Diri


Sahabat, penting bagi kita untuk mampu mengendalikan diri. Mengendalikan diri supaya tidak terjerumus ke dalam kemusyrikan. Karena hawa nafsu selalu mendorong kita untuk sibuk dengan selain Allah. Maka, kita kendalikan diri kita untuk senantiasa bisa kembali mendekat kepada Allah setelah sempat menjauh, kita kendalikan iman kita kuat kembali setelah sempat melemah.

Kita juga perlu mengendalikan diri dari kemunafikan. Munafik itu senang membagus-bagus bungkus supaya terlihat keren, baik, indah dalam pandangan makhluk, sedangkan isinya dibiarkan busuk. Nah, kita harus bisa mengendalikan diri agar terhindar dari kemunafikan, dan sibuk memperbaiki diri serta mencari penilaian Allah Swt.

Kemampuan mengendalikan diri adalah urusan penting dalam hidup kita. Oleh karena itu Rosululloh Saw. bersabda, “Orang yang kuat bukanlah orang yang kuat dalam bergulat, namun orang yang mampu mengendalikan dirinya di kala marah.” (HR. Muttafaq’alaih)

Mengendalikan diri bukanlah hal yang mudah, akan tetapi ia akan menjadi mudah jika kita semakin terbiasa. Semakin kita bersungguh-sungguh melatih diri untuk mampu mengendalikan diri, semakin kita akan terbiasa, dan semakin terbentuklah akhlak mulia pada diri kita. Insyaa Allah!