Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Monday, 5 November 2018

Memetik Manisnya Kehidupan


Ketahuilah bahwa masalah itu akan datang silih berganti, yang akan menghampiri hidup kita. Sebenarnya masalah atau ujian itu adalah suatu proses yang dirancang oleh Allah untuk menaikkan derajat seorang hamba. Jika kita menyikapinya dengan senantiasa berbaik sangka kepada Allah, maka akan mendatangkan hikmah.

Jika Allah menginginkan hambaNya menjadi manusia yang memiliki derajat yang lebih mulia disisiNya, maka Allah akan mengujinya terlebih dahulu sebelum memberikan kesempatan kepada kita untuk memetik manisnya kehidupan setelah melewati berbagai macam ujian. Salah satu faktor yang dapat mendorong timbulnya rasa syukur kepada Allah adalah senantiasa berbaik sangka atau husnudzon terhadap segala ketentuan Allah.

Dengan berbaik sangka kepada Allah, kita akan mampu berfikir positif bahwasanya di balik semua permasalahan hidup ini, Allah tampakkan hikmahnya kelak dihadapan kita. sebenarnya Allah tidak pernah mendzolimi hamba-hambaNya tapi hamba itulah yang mendzolimi dirinya.

Allah SWT berfirman dalam sebuah hadits qudsi, “ Aku tergantung pada prasangka hambaKu dan Aku bersamanya jika ia mengingatKu. Jika ia mengingatKu dalam jiwanya maka Aku mengingatnya dalam diriKu dan jika ia mengingatKu dalam lintasan fikirannya niscaya Aku akan mengingatnya dalam fikirannya kebaikan darinya. Dan jika dia mendekat kepadaKu setapak maka Aku akan mendekatkannya kepadaKu sehasta, jika ia mendekat kepadaKu sehasta maka Aku akan mendekatkannya kepadaKu sedepa dan jika ia mendatangiKu dengan berjalan maka Aku akan menghampirinya dengan berlari.” (HR. Bukhari Muslim).