Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Thursday, 15 February 2018

Jadilah Pelopor Dalam Kebaikan


Sahabat keberadaan seorang muslim hendaknya memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekitarnya. Janganlah seorang muslim tenggelam dalam waktunya mengejar kehidupan duniawi saja dan keberadaannya menjadi sia-sia bagi orang lain. Salah satu cara memberikan kontribusi kebaikan adalah dengan menjadi pelopor kebaikan yang secara tidak langsung bernilai dakwah. Dakwah merupakan pilar-pilar Islam yang menjadikan bangunan Islam itu dapat berdiri kokoh dan menyebar kemana-mana.

Beberapa dalil agar menyeru kepada kebaikan adalah sebagai berikut:

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”(An-Nahl:125).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa menyeru kepada hidayah (jalan petunjuk dan kebaikan), maka ia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengikuti (atau mengerjakan)nya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barangsiapa menyeru kepada kesesatan, maka ia mendapatkan dosa sebagaimana dosa orang yang mengikuti (mengerjakan)nya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun” (HR. Muslim no. 6750).

Dari hadits tersebut dapat kita ambil beberapa hikmah sbb:

1.Hendaknya kita senantiasa bersemangat dalam berdakwah atau mengajak orang lain kepada jalan kebaikan

2.Adanya keutamaan kepada penuntut untuk mengajarkan ilmunya kepada orang lain dengan niat ikhlas karena mengharap wajah Allah semata

3.Akan nada kebaikan yang insya Allah akan selalu mengalir kepada dirinya sebanyak pahala orang yang menerima, mengikuti n mengamalkan ilmu yang diajarkannya

4.Adanya ancaman keras bagi siapa saja yang mengajarkan kepada orang lain tentang keburukan seperti: kemusyrikan, kekufuran, atau kesesatan lainnya, yaitu ia akan memikul dosa perbuatannya tersebut,dan dosa orang-orang yg mengikuti seruannya.

Contoh perbuatan yang bisa dilakukan dan menjadi pelopor kebaikan bagi lingkungan kita adalah:

1.Memberikan contoh dan mengajak menjaga lingkungan dengan memanfaatkan barang bekas menjadi barang bermanfaat. Contohnya: menggunakan bekas bungkus minyak goreng sebagai polybag tanaman, dan lain-lain.

2.Membuat bak sampah, yaitu: mengumpulkan sampah masyarakat yang telah dipisahkan berdasarkan jenisnya dan kemudian dijual kepada pihak pabrik. Masyarakat yang menyerahkan plastik atau Koran bekas mendapatkan nominal rupiah sesuai yang diberikan.

3.Membuka silaturahim dengan berkunjung ke rumah tetangga secara bergantian dengan membawa sebagian hasil masakan secara berkala (misalnya: 3 hari sekali)

4.Membuka kelas belajar mengaji untuk anak-anak di rumah

5.Membuat gerakan-gerakan yang lebih besar seperti mengorganisasi bantuan untuk dhuafa, korban banjir, atau bencana lainnya.

Jangan lupa pula untuk menjadi pribadi yang santun, ramah dan siap menolong kepada yang membutuhkan. Islam memenangkan dakwahnya melalui aqidah dan akhlak yang baik sebagaimana akhlak Rasulullah SAW. Berdakwah dijalan memang Allah SWT tidaklah mudah. Tantangan dan rintangan pasti akan selalu ada. Namun hendaknya kita tidak mengenal lelah mengajak dalam mengajak dan menjadi pelopor dalam kebaikan.

Satu hal yang perlu diingat adalah: janganlah kita giat mengajak kepada orang lain untuk suatu kebaikan, namun diri sendiri enggan untuk melakukannya karena Allah SWT berfirman:

“Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan” (QS. Ash Shaff: 2-3).

Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bish shawab.