close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Tuesday 16 January 2018

Memperbanyak Amal Sholeh


Sahabat, segala macam perbuatan yang kita lakukan selama di dunia ini pastilah kelak akan mendapatkan balasan. Baik-buruknya, Allah tidak akan pernah salah dalam menilai dan akan memberikan keputusan dengan seadil-adilnya.

Allah SWT berfirman:

وَاَمَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ فَيُوَفِّيْهِمْ اُجُوْرَهُمْ ۗ  وَ اللّٰهُ لَا يُحِبُّ الظّٰلِمِيْنَ

"Dan adapun orang yang beriman dan melakukan kebajikan, maka Dia akan memberikan pahala kepada mereka dengan sempurna. Dan Allah tidak menyukai orang zalim." (QS. Ali 'Imran :57)

Oleh sebab itu, selama masih diberikan kesempatan hidup berupa nikmat usia, sudah selayaknya kita manfaatkan dengan memperbanyak amal sholeh. Sebab dengan beramal sholeh kita dapat mengharapkan pahala serta ampunan dari Allah Subhanahu wata'ala. 

Beramal itu tidak selalu dengan harta,semua hal atau kebaikan yang kita lakukan itu bisa juga disebut dengan amal sholeh. Kita bersedekah, berbuat baik terhadap sesama, saling tolong-menolong, menghormati, juga termasuk amal sholeh.

Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda:
Dari Anas bin Malik berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai Bani Salamah, tidakkah kalian mengharap pahala dari langkah-langkah kalian?" Mujahid ketika menerangkan firman Allah: '(Dan Kami menuliskan apa yang mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan) ' (Qs. Yasin: 12) mengatakan, "Yakni langkah-langkah mereka." Ibnu Abu Maryam berkata; telah mengabarkan kepada kami Yahya bin Ayyub telah menceritakan kepadaku Humaid telah menceritakan kepadaku Anas ia berkata, "Bani Salamah pernah berkeinginan untuk pindah dari tempat tinggal mereka dan mendekat dengan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Namun Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak memperkenankan mereka mengosongkan Madinah dengan bersabda: "Tidakkah kalian mengharap pahala dari langkah-langkah kalian?" Mujahid berkata, "Langkah-langkah mereka adalah bekas-bekas perjalanan mereka di muka bumi ketika berjalan dengan kaki mereka." (HR Bukhari No 616)

Semakin sering seseorang itu melakukan amal shalih atau kebaikan selama hidup di muka bumi, maka kesempatan untuk mendapatkan pahalanya juga semakin besar. Sebab setiap anggota tubuh yang kita miliki kelak dapat menjadi saksi terhadap apa-apa yang sudah kita lakukan.

Jadi jangan takut, jangan malu atau ragu untuk mengukir jejak kebaikan supaya kelak dapat menjadi pemberat timbangan amal kebaikan bagi kita di yaumil hisab.

Wallahua'lam bishowab.