close

Silahkan kunjungi website program-program mulia kami, klik tombol dibawah ini

www.rumahyatimindonesia.org


Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556

Thursday 11 January 2018

Indahnya Berbagi Terhadap Sesama


Berbagi dengan sesama laksana cermin,pengaruh kebaikannya memantul untuk pelakunya. Selain pahala yang niscaya diraih, Allah juga selalu menggantinya secara lebih baik, bahkan bertambah-tambah.

Hal ini sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW :"Tidak akan pernah berkurang harta yang disedekahkan (berbagi) kecuali justru ia bertambah, bertambah, bertambah.” (HR. Tirmidzi).

Dalam Hadits lain ditegaskan, berbagi adalah untuk menurunkan karunia Ilahi. Rasulullah SAW bersabda, “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah (berbagi kepada sesama).” (HR. al-Baihaqi)

Berbagi dengan sesama sejatinya kembali untuk kebaikan kita. Bila kita memahami itu, niscaya akan lahir semangat yang membahana dari dalam jiwa. Dan itulah kenapa para sahabat Rasulullah SAW senantiasa berlomba-lomba dalam melakukannya.

Pesona lain yang luar biasa adalah, memberi apa yang kita punya untuk meringankan beban orang lain, akan mengundang pertolongan Allah untuk kita.

Rasulullah SAW bersabda : “Allah selalu menolong orang, selama orang itu selalu menolong saudaranya (sesama muslim).” (HR. Ahmad).

Dalam arti, untuk menolong diri kita, rajin-rajinlah membantu orang lain. Untuk meraih solusi atas problematika kita, mari peduli dengan masalah sesama. Karena semakin deras bantuan mengalir pada orang lain, makin deras pula bantuan Allah.

Semoga kita dapat termotivasi untuk selalu semangat berbagi dengan sesama, agar anugerah-anugerah Ilahi senantiasa hadir dalam kehidupan kita.