Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Tuesday, 9 January 2018

Amalan Bernilai Seribu Kebaikan


Seribu adalah jumlah yang banyak, terlebih lagi masalah kebaikan. Luasnya rahmat Allah ta’ala sehingga dengan melakukan amalan yang sedikit, seseorang dapat memperoleh balasan yang amat banyak. Tapi, apakah mungkin kita dapat meraih seribu kebaikan itu? 

Dari Sa’ad bin Abi Waqash Radhiallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda,

كُنَّا عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: «أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَكْسِبَ، كُلَّ يَوْمٍ أَلْفَ حَسَنَةٍ؟» فَسَأَلَهُ سَائِلٌ مِنْ جُلَسَائِهِ: كَيْفَ يَكْسِبُ أَحَدُنَا أَلْفَ حَسَنَةٍ؟ قَالَ: «يُسَبِّحُ مِائَةَ تَسْبِيحَةٍ، فَيُكْتَبُ لَهُ أَلْفُ حَسَنَةٍ، أَوْ يُحَطُّ عَنْهُ أَلْفُ خَطِيئَةٍ

Kami sedang berada di sisi Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam, lalu beliau berkata, ‘Apakah seorang di antara kalian tidak mampu mendapatkan seribu kebaikan dalam setiap hari?’ Maka ada seorang di majelis itu bertanya, ‘Bagaimanakah caranya seorang di antara kami bisa mendapatkan seribu kebaikan?’ Beliau Shallallahu 'alaihi wa Sallam menjawab, ‘Dia bertasbih seratus kali, maka akan dicatatkan baginya seribu kebaikan, atau dihapus darinya seribu kejelekan.’ (HR. Muslim no.2698)

Dalam hadits tersebut, dikatakan bahwa "jika bertasbih seratus kali, maka akan dicatatkan baginya seribu kebaikan, atau dihapus darinya seribu kejelekan.” Artinya, jika kita bertasbih kepada Allah seratus kali, maka kita akan mendapatkan seribu kebaikan atau dihapuskan seribu kejelekan.

Bagi hamba Allah yang menjadikan akhirat sebagai tujuan akhirnya dan mengharapkan timbangannya penuh dengan amal saleh, maka apapun ibadahnya pasti dijalankan untuk meningkatkan amalnya. Namun kita tidak boleh melupakan ibadah wajib atau kewajiban utama kita. Karena akan menjadi percuma, jika seseorang mengamalkan hadits di atas tapi masih untuk shalat, zakat puasa dan lainnya. Oleh sebab itu, amalan bertasbih akan lebih bermanfaat jika seseorang tersebut istiqamah menjalankan perintah yang wajib terlebih dahulu.

Maha Besar Allah, dengan hanya bertasbih seratus kali yang bisa kita lakukan dalam satu hari setelah shalat, kita mendapat kebaikan yang begitu besarnya, yaitu seribu kebaikan.