Telp. 0265-2351868 | WA 0878 8555 4556 | BBM 5AE49B09

Thursday, 16 November 2017

Manfaat Sedekah


Sahabat, sedekah yang kita berikan bukan hanya akan membahagiakan dan membantu orang yang membutuhkan, tapi sedekah juga akan memberi manfaat bagi orang yang memberi.

Setidaknya, ada 4 manfaat yang akan didapatkan oleh orang yang bersedekah.

Pertama, panjang umur. 
Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Sesungguhnya sedekah orang muslim dapat menambah (memperpanjang) umurnya, dapat menunda kematian yang su'ul khatimah, Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran dan sifat berbangga kepada diri sendiri," (HR. At-Tabhrani)

Kedua, menyembuhkan penyakit.
Rasulullah bersabda, "Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit dengan bersedekah dan siapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana," (HR. At-Thabrani)

Ketiga,tolak balamusibah.
Hal ini diungkapkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Baihaqi, "Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah mendahului sedekah."

Keempat, memperbanyak rezeki.
Allah SWT berfirman, "Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan 70 tangkai, pada setiap tangkainya terdapat 100 biji. Allah melipatgandakan bagi siapa saja yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui."(QS.Al Baqarah:261)

Sahabat, mari menjadi Muslim yang dermawan dengan senantiasa peduli dan berbagi kepada sesama.